Apa perbedaan Serum dengan Booster?

Penggunaan skincare secara rutin merupakan kunci utama tampilan bening para artis Korea. Banyak istilah-istilah yang kurang umum dan terdapat pada produk skincare korea, seperti serum dan booster.

Serum biasanya memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain seperti pelembap dan bisa memiliki bahan dasar air atau minyak. Memiliki partikel lebih halus dari pelembap sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap. Begitupula dengan essence, ampoule dan booster – memiliki karakteristik yang sama.

Apakah serum dan essence berbeda? Ya dan tidak. Hal tersebut tergantung pada merek pembuatnya. Pada kasus produk perawatan wajah dari Jepang dan Korea, kebanyakan akan menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Penamaan produk dengan serum jarang digunakan.

Pada kasus di mana suatu merek mengeluarkan essence dan serum, maka tekstur serum biasanya lebih encer dan mengandung konsentrasi kandungan aktif jauh lebih banyak dari essence. Biasanya lagi, serum akan mengandung bahan aktif untuk memerangi masalah spesifik pada kulit.

Booster, atau juga disebut sebagai pre-essence atau pre-serum (lebih sering disebut sebagai yang pertama) bukan pengganti dari serum atau essence, akan tetapi lebih sebagai produk tambahan, dipakai sebelum serum dan/atau essence.

Tekturnya sendiri bermacam-macam – dari cairan, lotion agak kental sampai dengan gel atau lotion. Tapi tujuannya satu: untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit dan juga membuat produk perawatan wajah yang Anda pakai meresap lebih gampang dan bekerja lebih baik.

Sumber: