Apa perbedaan seni rupa murni dan terapan berdasarkan ragam karya seninya?

Seni rupa murni merupakan hasil karya seni yang dibuat oleh seorang seniman fungsinya melainkan semata-mata hanya untuk dinikmati keindahannya saja.

Seni rupa terapan merupakan salah satu jenis seni rupa yang hasil karyanya sengaja dibuat untuk membantu kegiatan manusia.

Keduanya memiliki perbedaan, pada sesi ini akan dibahas perbedaan berdasarkan ragam karya seninya.

Perbedaan Dari Ragam Karya Seni

Seni Rupa Terapan
Penciptaan karya seni rupa terapan harus dipertimbangkan berbagai aspek, yaitu aspek fungsi, warna, dan teknik reproduksi. berdasarkan ukuran, karya seni dibedakan menjadi karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi antara lain :

  1. Seni rupa dua dimensi mempunyai ukuran panjang, lebar,. karya seni rupa termasuk dalam seni rupa dua dimensi, misalnya seni lukis, seni grafis, dan seni wayang
  2. Seni rupa tiga yang mempunyai ukuran, panjang, tinggi, lebar. karya seni rupa tiga dimensi didapat pada karya seni patung, seni bangunan, seni keramik.

Seni rupa murni
Seni lukis Daerah, seni lukis salah satu cabang seni yang berdimensi dua yang menumbuhkan cat diatas bidang yang datar dan mengekspresikan berbagai makna atau nilai subjektif yang melekat pada lukisan oleh budaya yang mempengaruhi yang memiliki pelukis yang mengandung nilai budaya daerah