Apa perbedaan seni rupa murni dan terapan berdasarkan jenis karyanya?

Seni rupa murni merupakan hasil karya seni yang dibuat oleh seorang seniman fungsinya melainkan semata-mata hanya untuk dinikmati keindahannya saja.

Seni rupa terapan merupakan salah satu jenis seni rupa yang hasil karyanya sengaja dibuat untuk membantu kegiatan manusia.

Keduanya memiliki perbedaan, pada sesi ini akan dibahas perbedaan berdasarkan jenis karyanya.

Perbedaan Dari Jenis Karyanya

Jenis karya seni rupa Murni

  1. Seni lukis merupakan kegiatan pengolahan unsur-unsur seni rupa seperti garis,bidang,warna dan tekstur pada bidang dua dimensi, adapun seni lukis yang kita kenal saat ini dibuat pada kanvas, dapat disebut seni lukis modern. (baca juga : jenis seni lukis)
  2. Seni grafis merupakan cabang seni yang tergolong kedalam bentuk dua dimensi. pada awalnya jenis merupakan keterampilan untuk mencetak atau memperbanyak tulisan.

Jenis seni rupa Terapan

  1. Arsitektur (seni dalam pembangunan rumah) masuk ke dalam seni terapan yang sering ditemui. Pembuatan bangunan gedung, rumah, sekolah
  2. Dekorasi merupakan jenis seni rupa terapan untuk menghias suatu ruangan yang lebih indah daripada yang sebelumnya yang sering kita temui beberapa acara pertunjukan, perkawinan, pameran dan acara lainnya.
  3. Seni Ilustrasi, karya bentuk gambar atau foto sering di pakai buku pelajaran sekolah dasar untuk mempermudah pembaca isi suatu cerita atau artikel
  4. Keterampilan Tangan disebut juga seni kriya, mempunyai fungsi untuk mempermudah mengolah bahan baku yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar. bahan baku biasanya diolah menjadi benda yang mempunyai nilai estetis dan bernilai pakai.
  5. Seni Grafis ( seni rupa dalam pembuatan teknik cetak), biasanya digunakan mengunakan kertas. karya seni grafis mempunyai arti sebagai alat komunikasi.
  6. Seni rupa Terapan dapat diartikan menurut fungsi,wujud dan bentuknya.