Apa Perbedaan Martabak Bandung dan Martabak Bangka?

Buat kamu yang mungkin saja ingin membuat martabak sendiri di rumah, lihat dulu yuk jenis martabak apa yang akan kalian buat. Apakah martabak bandung atau bangka?

  1. Tingkat ketebalan Martabak.

Martabak Bangka dikenal dengan adonannya yang tebal, lebih keras, gurih dan berwarna tua kecokelatan. Beda dengan martabak Bandung yang tidak terlalu tebal.

  1. Tekstur martabak.

Karena adonannya yang jauh lebih tebal, tekstur luar martabak Bangka akan terlihat lebih berpori dan berserat. Sedangkan martabak Bandung, akan lebih lembut dan rasanya lebih manis.

  1. Toping.

Jajanan populer dari kota Kembang dikenal menyajikan pilihan topping yang lebih beragam daripada martabak Bangka. Martabak Bangka pertama kali hanya berupa kue martabak yang diberi taburan gula pasir dan wijen saja.

Namun kini martabak manis Bangka juga dapat disajikan dengan pilihan topping seperti keju, kacang atau cokelat.

  1. Penyebutan nama.

Jika di Bangka martabak manis disebut Hok Lo Pan. Martabak manis atau yang nama aslinya Hok Lo Pan adalah panganan khas Bangka Belitung. Martabak ini pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu martabak dinamai dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti Kue Orang Hok Lo.

Di pulau Jawa termasuk Bandung martabak manis dikenal dengan nama Terang Bulan. Hal tersebut dikarenakan bentuk martabaknya yang seperti bulatan bulan. Namun, saat ini dengan menjamurnya penjual martabak mayoritas orang saat ini menyebutnya dengan martabak manis.

Referensi

https://brilicious.brilio.net/unik/serupa-tapi-tak-sama-ini-4-perbedaan-martabak-manis-bangka-vs-bandung-170505x.html