Apa perbedaan manajemen produk dan manajemen produksi?

manajemen produk

Ketika sesorang membicarakan tentang manajemen produk dan manajemen produksi dalam sebuah organisasi / perusahaan, apakah kedua hal itu sama dan saling berkaitan ?

1 Like

Salah satu definisi dari manajemen produk adalah sebuah fungsi organisasi yang bertugas untuk merencanakan, meramal, memprodukdi, dan memasarkan sebuah produk.

Berdasarkan tugas manajemen produk yang telah diuraikan diatas, organisasi harus memperhatikan hal berikut yakni apa visi misi organisai, produk apa yang akan dibuat untuk menyelesaikan masalah yang ada saat ini, bagaimana produk dapat diterima pelanggan dengan tepat, dan bagaimana perkemangan teknologi.

Dalam manajemen produk ada 3 hal yang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain yakni pelanggan / customer, bisnis dan teknologi. Berikut masing masing pengertian dari ke 3 hal tersebut :

  • Pelanggan / customer adalah orang yang menggunakan / akan menggunakan produk yang ditawarkan, dan merupakan pengguana akhir dari sebuah produk.
  • Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia.
  • Bisnis adalah sebuah entitas yang melihat dari sisi pendanaan (modal, investasi,operasional dll) serta keuntungan (profit) dari produk tersebut.

Sedangkan salah satu definisi dari manajemen produksi adalah sebuah fungsi organisasi yang bertugas untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan yang diperlukan untuk membuat sebuah produk dengan lebih efektif dari berbagai aspek (businessdictionary.com).

Sedangkan menurut Mr, E.L. Brech, manajemen produksi adalah proses perencanaan yang efektif dan mengatur operasi pada bagian yang bertanggung jawab untuk transformasi dari bahan baku hingga menjadi produk jadi dari perusahaan.

Tugas dari manajemen produksi yakni antar lain :

  • perencanaan proses produksi
  • pengendalian produksi
  • pengawasan produksi

Dalam uraian diatas dapat terlihat sekali perbedaan antara manajemen produk dengan manajemen produksi.