Apa perbedaan Komunikasi Verbal dan Nonverbal?

Komunikasi verbal (verbal communication) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.

Komunikasi non verbal (non verbal communicarion) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan.

Apa perbedaan komunikasi verbal dan nonverbal?

“komunikasi dapat dirumuskan sebagai suatu kegiatan disampaikannya suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain melalui media tertentu. Setelah pesan tersebut diterima dan dipahami sejauh kemampuannya, penerima pesan kemudian menyampaikan tanggapan melalui media tertentu pula kebada penyampai pesan.”

  1. Komunikasi Verbal
    Komunikasi disebut verbal apabila pesan atau informasi yang dipertukarkan atau dikomunikasikan melalui kata-kata. Komunikasi verbal ada dua jenis, komunikasi tertulis dan lisan. Komunikasi verbal dapat dilakukan melalui percakapan tatap muka, diskusi kelompok, konseling, wawancara, radio, surat, laporan, catatan, email, dll.
    Sehingga komunikasi vrbal dapat disimpulkan menjadi proses pertukaran informasi atau pesan antara dua orang atau lebih melalui kata-kata tertulis atau lisan.

  2. Komunikasi Non-verbal
    Komunikasi yang terjadi apabila pesan atau informasi dipertukarkan atau dikomunikasikan dilakukan tanpa menggunakan ucapan atau tulisan. Komunikasi non verbal merupakan senjata yang kuat dalam face-to-face comunication, yang diungkapkan secara sadar dihadapan orang lain dan dirasakan secara sadar atau tidak sadar. Komunikasi non verbal dapat diperlihatkan melalui gesture atau gerak tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, kedekatan fisik, sentuhan dll.
    Definisi lain komunikasi non verbal menurut Lesikar dan Pettit ialah:

“Nonverbal communication means all communication that occurs without words (body movements, space, time, touch, voice patterns, color, layout, design of surroundings.)”

  • Karakteristik komunikasi non-verbal:
  1. No use of word, komunikasi nonverbal tidak menggunakan kata kata untuk berkomunikasi, melainkan menggunakan gerak tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, kedekatan fisik, sentuhan dll untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  2. Culturally determined, Komunikasi non verbal dipelajari sejak dini dan turun temurun dari nenek moyang. Melalui proses pertumbuhan di dalam masyarakat tertentu, gaya komunikasi ini di adopsi dalam budaya kita.

  3. Different meaning, non verbal bisa memiliki banyak arti, Aspek lintas budaya memberi berbagai makna pada ekspresi yang sama dalam hal komunikasi non verbal.

  4. Vague and imprecise, termasuk komunikasi yang tidak pasti, karena dalam komunikasi ini tidak ada penggunaan kata atau Bahasa yang mengungkapkan makna yang jelas bagi penerima.

  5. Show feeling and attitudes, meunjukkan perasaan dan sikap melalui ekspresi wajah, gesture, gerakan tubuh

  6. Informally, tidak mengikuti peraturan, formalitas atau struktur seperti komunikasi lainnya.

1 Like