Apa perbedaan kabel yang digunakan pada LAN dengan kabel yang digunakan pada telepon rumah?

Seperti yang kita ketahui kabel pada LAN dengan kabel pada telepon rumah memiliki kesamaan bentuk. Namun tidak sembarang kabel bisa digunakan untuk LAN dan untuk telepon rumah. Lantas apakah yang membedakan kabel yang digunakan pada LAN dengan kabel yang digunakan pada telepon rumah?

Konektor RJ 45

image
Konektor RJ 45 adalah kabel Eternet yang biasa digunakan dalam Topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.

Straight Through Configuration. Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer kita di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45.

Cross Over Configuration. Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat, sebagai contoh koneksi antara PC to PC, atau PC ke AP Radio, Router to router.

Konektor RJ 11

image
Konektor RJ-11 adalah standar konektor dimanfaatkan pada pasangan 2-4 (kawat) kabel telepon. RJ singkatan dari “Registered Jack” – sebuah antarmuka konektor fisik yang paling sering digunakan untuk terminal kabel telepon. Meskipun konektor RJ-11 memiliki total 6 posisi konektor, biasanya baik hanya 2 atau 4 benar-benar dimanfaatkan. RJ-11 konektor kabel datang dalam dua kabel standar varietas-dipilin (flat-satin) dan unshielded Twisted Pair (UTP).
RJ11 adalah yang paling familiar dari jack terdaftar, karena fakta bahwa hampir semua garis tunggal (POTS) jack telepon di kebanyakan rumah dan kantor di Amerika Utara menggunakan jenis konektor, serta sejumlah negara lainnya.

Sumber :

RJ-45/Registered Jack 45

download

Kabel yang digunakan pada LAN adalah kabel dengan tipe RJ-45 (Registered Jack 45). Kabel ini adalah konektor untuk kabel UTP dengan 8 kabel (4 pair) juga kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya yaitu tipe straight dan tipe crossover.

RJ-11/Registered Jack 11


Sedangkan kabel yang digunakan untuk telepon adalah RJ-11 (Registered Jack 11) hampir sama dengan RJ-45, tapi konektor ini hanya untuk kabel UTP yang memiliki 4 kabel yang digunakan oleh jaringan telepon.

Sumber : :bulb:

Perbedaan Antara Jenis Kabel UTP Dan STP - Dalam pembuatan jaringan komputer, ada dua jenis kabel yang digunakan yakni UTP dan STP. Meski tampak serupa, beberapa orang masih sering terkecoh karena tak mengetahui perbedaan kabel UTP dan STP secara pasti. Padahal keduanya saling bertolak belakang, kecermatan sangat diperlukan karena masing-masing menawarkan manfaat dan kekurangan yang berbeda-beda.

Kabel UTP


Unshielded Twisted Pair merupakan kepanjangan dari kabel UTP. Berdasarkan pemakaian bahan dasar, kabel terbuat dari tembaga namun tak memiliki pelindung internal (shield internal). Kabel sering digunakan dalam pembangunan jaringan komputer lokal (LAN) karena kinerja yang baik dan harganya murah.

Kabel UTP memang dikenal sangat handal dalam pembangunan jaringan LAN karena dianggap sebagai penghantar data yang baik dan teruji. Demi meningkatkan kemampuan transfer data yang lebih optimal, biasanya turut disertakan pipa pelindung yang terbuat dari plastik dan aluminium.

Perbedaankabel UTP dan STP terletak pada tiga faktor utama, yakni proses instalasi, harga dan ukuran diameter. Jenis kabel ini sangat dihandalkan dalam pembuatan jaringan LAN karena proses instalasi yang mudah, tak akan memakan waktu lama.

Bila dibandingkan jenis kabel lain, UTP lebih murah dan terjangkau karena menawarkan fitur standar. Diameter kabel lebih kecil, jadi lebih mudah ketika menyusun saluran kabel. Perbedaan lain antara kabel UTP dan STP tampak jelas dari isinya. UTP tidak disertai pelindung internal sehingga lebih rentan terhadap gangguan ekternal.

Kabel STP


Shielded Twisted Pair merupakan kepanjangan dari kabel STP. Tak jauh berbeda dari jenis UTP, kabel ini terbuat dari tembaga namun terdapat perlindungan internal di dalamnya (shield internal). Kabel STP dapat digunakan dalam pembuatan jaringan LAN, namun lebih handal dan kokoh dibandingkan jenis lain.

Letak perbedaan kabel UTP dan STP ada di ruang lingkupnya. Penggunaan STP lebih luas dibandingkan UTP, tak sekedar dalam penyusunan jaringan LAN saja. Jenis ini sering digunakan pada beberapa peralatan elektronik seperti radio, televisi, komputer ataupun pesawat telepon.

Perbedaan harga kabel UTP dan STP terlampau jauh. STP harganya jauh lebih mahal, namun kualitas yang ditawarkan lebih unggul dan premium. Pengiriman data dalam jaringan LAN lebih terjamin dan cepat. Begitu pula daya tahan terhadap beberapa faktor eksternal yang bisa memperlambat proses transfer data.

Sumber :man_technologist: :