Apa perbedaan hamster dengan tikus?

Apa perbedaan hamster dengan tikus? dari segi fiisik dan lain -lain
image

1 Like

PERBEDAAN BENTUK TUBUH TIKUS & HAMSTER
Bentuk tubuh : Hamster memiliki bentuk tubuh lebih besar dan gemuk ketimbang tikus yang memiliki bentuk tubuh agak sedikit langsing.

Mulut dan Hidung : Tikus memiliki ukuran hidung dan mulut yang lebih panjang dari pada hamster dan gigi tikus lebih kuat dari pada hamster gigi hamster, bahkan apabila tikus bertemu dengan hamster kemungkinan besar hamster akan terbunuh oleh tikus.

Ekor : Hamster memiliki ekor yang pendek, bahkan tidak terlihat pada hamster jenis roborovskii, berbeda dengan tikus yang memilliki ekor lebih panjang untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka ketika berada di ketinggian.

Kantong pipi : Hamster memiliki kantong pipi sehingga bisa membawa dan menyimpan makanan mereka untuk persediaan nanti. Berbeda dengan tikus yang tidak memiiki kantong pipi sehingga lebih memilih memakan makanan mereka langsung di tempat.
HABITAT TIKUS & HAMSTER
Tikus
Tikus dapat hidup di tempat yang becek, lembab, basah dan kotor. Mereka terbiasa hidup di selokan, tempat sempit bahkan gudang yang sudah tidak terpakai sekalipun. Bahkan para peneliti mengatakan bahwa tikus dari tahun ke tahun dapat menciptakan anti-bodinya sendiri, sehingga mereka dapat terus bertahan di lingkungandan kondisi apapun . Jadi itulah sebabnya mengapa tikus tetap berada dalam kondisi yang sehat dan lincah meski kuman-kuman penyakit menempel pada tubuhnya. Tikus biasa aktif pada malam hari untuk mencari makanan , tikus tidak bisa melihat dengan jelas, dan hanya mengandalkan penciuman mereka untuk mengetahui dimana keberadaan makanannya, tikus memiliki ekor yang panjang sehingga bisa berjalan di tempat yang tinggi bahkan tali yang tipis sekalipun.

Hamster
Hamster tidak dapat hidup di tempat yang becek, lembab dan kotor. Karena hamster adalah hewan yang terbiasa hidup di tempat yang kering. Itulah mengapa hamster memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah ketimbang tikus. Itulah mengapa terkadang apabila anda salah memberikan makanan kepada hamster dapat menyebabkan hamster anda menjadi sakit bahkan mati.

sumber:http://indonesianhamsterlovers.blogspot.co.id/2014/08/hamster-itu-tidak-sama-dengan-tikus.html