Apa perbedaan fiksi ilmiah dan fantasi?

image

Apa yang dimaksud fiksi ilmiah dan fantasi, serta perbedaannya ? Sering kali kita tidak dapat membedakan karena keduanya serupa.

Fiksi ilmiah adalah suatu bentuk fiksi spekulatif yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan para individual. Batasan dari genre ini tidak pernah diterangkan dengan jelas, dan garis pembatas antara sub-genre-nya tidaklah tetap.Banyak yang menyingkatkan kata fiksi ilmiah “sci-fi” (bahasa Inggris: science fiction) atau “SF”. Contoh-contoh fiksi ilmiah yang terkenal: FrankensteinKarya-karya penulis Perancis Jules VerneStar TrekStar WarsKiteretsu Daihyakka
Fantasi adalah hal yang berhubungan dengan khayalan atau dengan sesuatu yang tidak benar-benar ada dan hanya ada dalam benak atau pikiran saja. Kata lain untuk fantasi adalah imajinasi.Fantasi bisa juga merupakan sebuah genre, yang menggunakan bentuk sihir dan supranatural sebagai salah satu elemen plot, tema dan seting dalam sebuah film. Genre fantasi secara umum dibedakan dengan genre sains fiksi yang lebih bertemakan ilmiah dan horor tentang hal yang mengerikan.
perbedaan
fantasi :menceritakan hal yang tidak nyata dan tidak masuk akal
fiksi ilmiah :cerita fiksi yang menceritakan tentang hal-hal yang masuk akal yang menggunakan teori dan pengetahuan

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/585416#readmore