Apa perbedaan ekonomi mikro dengan ekonomi makro?

mikro dan makro ekonomi

Perbedaannya bisa di lihat dari ruang lingkupnya

Ruang Lingkup Ekonomi Makro :
Yang termasuk dalam ruang lingkup ekonomi makro antara lain adalah pendapatan dan pengeluaran, pengangguran dan inflasi dan deflasi.

  1. Pengeluaran negara adalah total nilai seluruh produksi yang dikeluarkan negara pada masa yang sudah ditentukan. Sedangkan pendapatan negara adalah semua yang dihasilkan dari produksi dan penjualan.
  2. Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja dan tidak berpenghasilan meski dalam usia produktif.
  3. Inflasi adalah proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Sedangkan deflasi adalah periode di mana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro :
Yang termasuk dalam ruang lingkup ekonomi mikro antara lain adalah permintaan dan penawaran, teori produksi, elastisitas, teori perilaku konsumen, pasar dan mekanisme harga.

  1. Permintaan adalah barang atau jasa yang dibeli atau diminta atau dipesan oleh konsumen pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan oleh produsen dalam waktu dan tempat tertentu.
  2. Teori produksi merupakan dasar untuk menganalisa biaya produksi dan tingkat dari produksi.
  3. Elastisitas permintaan adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah suatu produk yang diminta. Sedangkan elastisitas penawaran adalah sebuah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah produk yang ditawarkan.
  4. Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.
  5. Pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli.
  6. Mekanisme harga adalah fenomena yang sering terjadi karena harga yang ada di pasaran itu fleksibel, jadi harga bisa berubah kapanpun jika memang situasi kondisinya memungkinkan.
Referensi

https://www.zonareferensi.com/perbedaan-ekonomi-makro-dan-mikro/