© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa perbedaan diantara game Overwatch dan Paladins yang sering kali dianggap sama?

Gengs, siapa sih hari gini gamer yang gak tau Overwatch? Sebuah game tembak-tembakan (FPS) buatan developer ternama Blizzard Entertainment, yang selama ini udah ngasih game-game jempolan dan selalu dinanti oleh para gamer hardcore. Kesuksesan dan popularitas Overwatch ini sudah terbukti, sampai-sampai banyak bermunculan game-game baru yang serupa, atau rip-off alias plagiat.

Beberapa waktu lalu, muncul game mobile buatan China yang terang - terangan menggunakan asset Overwatch di game-nya. Tapi, dari sekian banyak game bermunculan itu, ada nih satu game yang bikin penggemar Overwatch agak panas dan bikin heboh dunia FPS. Game itu berjudul Paladins.

Game Paladins ini berhasil muncul ke permukaan berita gaming karena gameplay-nya yang kompeten untuk menyaingi Overwatch. Meski beberapa kalangan menyebut game ini adalah plagiat Overwatch. Emang sih, beberapa skill hero-nya mirip, namun kenyataannya tidak bagi yang telah mencobanya. Ketimbang plagiat, game ini lebih cocok disebut sebagai salah satu kompetitor terberat Overwatch.

Nah, kira - kira apa aja nih perbedaan dari kedua game yang sedang booming sekarang ini?

2 Likes

Dari hasil pengamatan saya, saya telah buatkan tabel berisi data-data hasil pencarian dari forum-forum dan website resmi. Berikut tabel :

Semoga membantu!

Sumber :
Overwatch Sysreq
Sysreq Paladins
Perbedaan Tickrate Paladins dan Overwatch
Paladins Player Charts

2 Likes

Dari pengalaman saya bermain game diatas, berikut adalah perbedaan yang dapat saya rasakan sebagai para pemainnya :

1. Tema

tema1

Untuk Overwatch, Blizzard Entertainment mengusung tema sci-fi dan modern war. Jadi, kalian pasti melihat senjata super canggih yang keren banget dan memenuhi imajinasi tentang perang masa depan. Environment game nya juga lebih banyak menampilkan tempat - tempat dengan arsitektur yang futuristik.

tema2

Kalau untuk game garapan Hi-Rez Studios ini, mereka juga mengusung modern war. Tapi, mereka juga menguatkan tema fantasy pada gamenya. Kalian bisa lihat Archer Elf, Dwarfen Engineer, dan monster - monster seperti naga, dan manusia pohon. Map nya pun kebanyakan memakai environtment yang biasa kalian lihat di film Harry Potter. Jadi, cuma masalah selera aja sih. Kalian suka sci-fi atau fantasy?

2. Grafik

grafik-ow

Overwatch udah jelas punya grafis yang indah dan memanjakan mata. Sudah pasti dong, game berbayar dari Blizzard Entertainment ini ga mungkin ngecewain untuk segi grafisnya. Butuh spec computer yang cukup tinggi juga tentunya untuk menikmati Overwatch secara maksimal. Good enough? Lets advance to Paladins.

grafik-pl

Untuk urusan grafis, Paladins juga gak kalah kok dari Overwatch. Hanya saja, Hi-Rez Studios memang mengambil gaya yang lebih “tidak terlalu realis” atau lebih kartun untuk diterapkan di game Paladins ini agar cocok dengan tema fantasy yang mau mereka tunjukkan. Dan karena grafis yang gak terlalu heboh, jadi nguntungin banget buat player yang spec komputernya ala kadarnya untuk bisa tetap bermain.

3. Gamenya Gratis atau Beli?

Nah, ini yang paling penting pada akhirnya, F2P dan P2P menentukan banget peminat kedua game ini. Saya akan jabarkan kelebihan dan kekurangannya buat kalian semua gengs. Yuk dibaca bareng.

Overwatch

  • P2P (Pay to Play) alias beli, dengan harga dalam rupiah kisaran 500 ribu.
  • Skin, atau barang kosmetik lainnya bisa didapat gratis setiap pertandingan selesai.
  • Selain skin, ada juga spray (motif graffiti), voice pack (suara dan kalimat karakter) dll.
  • P2P kemungkinan membatasi jumlah pemain dari segi finansial.
  • Karena P2P, player yang memiliki game ini biasanya sudah paham dengan rule dan attitude lebih rapi dan serius. Sesuai istilah, “teliti sebelum membeli.” Tapi trash talker di game manapun pasti ada juga.

Paladins

  • F2P (Free to Play) alias GRATIS.
  • Skin, cards loadout, atau barang kosmetik lainya bisa didapat gratis setiap ID naik level, atau dibeli dengan gold yang didapat dari match. Bisa juga dibeli dengan cash.
  • Hanya ada skin hero, weapon, dan kartu loadout sebagai gimmick. O iya lupa, sama ganti jenis kuda.
  • F2P bisa diakses siapa saja, otomatis total player bisa lebih banyak.
  • Karena F2P, kalian kemungkinan sering menemui player yang masih coba-coba dan gak tau misi. Atau kalau lagi apes, kalian akan nemuin rubbish player, dan anak belum cukup umur.

Jadi, itulah beberapa poin yang mungkin bisa ngasih pencerahan tentang Overwatch vs Paladins. Dua-duanya oke, seru, dan punya ciri khas masing-masing. So, semua tergantung selera kalian untuk memilih.

2 Likes