Apa perbedaan dari Product Roadmap dan Technology Roadmap?

Selain membuat peta jalan produk (Product Roadmap), manajer produk juga harus membuat peta jalan IT (Technology Roadmap). Lalu, apa perbedaan dari kedua peta jalan tersebut?

Peta jalan merupakan serangkaian kegiatan, mulai dari pengarahan eksekutif, rapat perencanaan produk, rapat perencanaan penjualan hingga rapat perencanaan TI. Namun, tidak semua peta jalan dibuat untuk fungsi yang sama. Sebuah peta jalan harus dapat memecahkan suatu masalah tertentu dan menyajikan informasi yang berbeda tergantung pada jenis audiens.

Dua tipe peta jalan yang paling sering diterapkan oleh suatu perusahaan / organisasi adalah peta jalan produk (Product Roadmap) dan peta jalan TI (Technology Roadmap). Terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara dua tipe peta jalan tersebut.

Berikut adalah tiga perbedaan utama antara peta jalan produk dengan peta jalan TI :

  1. Audiens :

    • Peta jalan produk biasanya dibangun oleh manajer produk untuk pelanggan atau mitra eksternal. Peta jalan ini tidak berisi setiap detail karena bertujuan untuk meyakinkan pelanggan bahwa arah produk selaras dengan masalah yang pelanggan coba selesaikan. Pertanyaan yang mendorong peta jalan jenis ini adalah “Apakah produk ini akan berkembang seiring dengan kebutuhan pelanggan?”.

    • Peta jalan TI biasanya dibangun oleh tim teknis dan operasi untuk pelanggan atau mitra internal. Peta jalan ini mencakup setiap detail karena bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh tim internal untuk mendukung peta jalan produk. Pertanyaan yang mendorong peta jalan jenis ini adalah “Apakah sistem dan proses yang diperlukan dapat memberikan value kepada pelanggan?”.

  2. Konten :

    • Peta jalan produk berfokus pada fitur dan manfaat yang ditawarkan kepada pelanggan. Masalah utama dari peta jalan produk yaitu mengidentifikasi apa saja yang akan dibahas dalam beberapa kurun waktu ke depan dan untuk siapa.

    • Peta jalan TI berfokus pada komponen, sistem, dan rencana proses secara terperinci. Masalah utama dari peta jalan TI yaitu menjelaskan bagaimana teknologi akan berkembang untuk mendukung peta jalan produk.

  3. Komitmen :

    • Peta jalan produk mencakup kerangka waktu seperti minggu, bulan, atau kuartal. Hal ini dikarenakan manajer produk menggunakan peta jalan untuk memberi tahu pelanggan secara terarah tentang kapan fitur baru dapat diharapkan. Manajer produk memahami bahwa rencana akan terus berubah, oleh sebab itu mereka juga mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan panduan yang layak kepada pelanggan.

    • Peta jalan TI mencakup kerangka waktu tertentu yang lebih spesifik. Hal Ini dikarenakan tim internal lainnya bergantung pada tanggal untuk mencapai pekerjaan mereka. Divisi penjualan, pemasaran, kesuksesan pelanggan, dan divisi lainnya juga perlu mengetahui kapan teknologi inti dan proses diperlukan untuk memberikan produk yang lengkap kepada pelanggan.

Akan selalu ada perbedaan pada setiap perusahaan / organisasi dalam menyelesaikan perencanaan peta jalan dan melaksanakan strategi. Namun, dengan mengetahui berbagai jenis peta jalan dan cara penggunaannya akan sangat membantu suatu perusahaan / organisasi dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kesimpulannya, peta jalan produk dan peta jalan TI adalah dua bagian penting dari keseluruhan peta jalan. Peta jalan produk adalah “mengapa” dan “apa”, sedangkan peta jalan TI adalah “kapan” dan “bagaimana”. Dan ingatlah bahwa pelanggan tidak peduli tentang bagaimana perusahaan / organisasi memberikan fitur dan value baru yang bermakna, pelanggan hanya peduli bahwa perusahaan / organisasi melakukannya.

The Product Roadmap vs. the Technology Roadmap | Aha! software