Apa Perbedaan dari Kepribadian Ganda dan Alter Ego?

images (2)

Dilansir dari Mayo Clinic, gangguan disosiatif adalah gangguan mental yang melibatkan rasa putus asa dan kurangnya kontinuitas antara pikiran, ingatan, lingkungan, tindakan, dan identitas.

Orang yang mengalami gangguan disosiatif melarikan diri dari kenyataan dengan cara yang tidak disengaja dan tidak sehat sehingga menyebabkan masalah dengan fungsi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun alter ego melansir penjelasan dari Health Guidance, adalah sebuah pembentukan karakter lain dalam diri sendiri dan dilakukan secara sadar. Tentu saja gangguan mental ini berbeda dengan kepribadian ganda.

Selain itu, kepribadian utama masih memegang kontrol atas alter ego sehingga kepribadian ini hanya bisa muncul ketika dipanggil dan dampaknya tidak sampai mengakibatkan amnesia seperti kepribadian ganda.

Bagaimana menurut mu tentang 2 karakter ini?

1 Like

Alter ego (Dissociative identity disorder (DID)) jelas berbeda dari kepribadian ganda (multiple personality disorder (MPD)). Penyakit kejiwaan kepribadian ganda ini memiliki dua atau lebih kepribadian dalam satu tubuh, di mana kepribadian tersebut saling mendominasi satu dengan yang lain. Tidak hanya itu, penyakit ini bahkan tanpa disadari dapat mengambil alih pikiran seseorang. Sedangkan alter ego adalah kepribadian yang masih bisa dikendalikan dalam kondisi sadar. Dan alter ego sendiri bukanlah merupakan sebuah penyakit karena keberadaan alter ego dapat menutupi kekurangan kita.

Seseorang dengan banyak identitas ini lebih cenderung menyebut dirinya sendiri sebagai “kami”. Nah, biasanya orang mengenal kondisi ini dengan kepribadian ganda.
Pada sebagian besar kasus, tanda seorang penderita DID memiliki lebih dari dua karakter dalam satu tubuhnya. Nah, karakter atau identitas lain tersebut terpisah satu dengan yang lainnya. Saat satu identitas alternatif tengah menguasai tubuh Anda, identitas alternatif ini yang memegang kendali penuh terhadap tubuh seutuhnya dalam beberapa waktu ke depan.

Oleh sebab itu, penderita DID sering mengalami perubahan karakter yang terjadi secara total. Mulai dari aksen bicara, memori, nama, usia, bahkan gender dari kepribadian tersebut bisa saja berubah dan benar-benar berbeda. Bahkan, saat identitas kembali pada identitas utama (asli), Anda tak akan mampu mengingat apa yang terjadi saat kepribadian yang lain sedang mengambil alih.

Dengan kata lain, ketidaksadaran yang Anda alami saat identitas tubuh berubah akan diikuti juga dengan segala perubahan dalam diri. Bila pun Anda memiliki lebih dari dua kepribadian dalam diri, tiap kepribadian itu masing-masing akan tetap berfungsi secara terpisah-pisah. Hal ini tentu saja berbeda dengan apa yang Anda kenal dengan alter ego. Pasalnya, perubahan identitas pada orang yang memiliki alter ego terjadi dalam keadaan sadar dan masih dalam kendali Anda, yang memiliki identitas asli.

Referensi

https://kumparan.com/karjaid/mengenal-alter-ego-sisi-lain-dari-kepribadian-manusia-1sfLENrKKvv/full

Apa Itu Alter Ego? Apa Bedanya dengan Kepribadian Ganda? • Hello Sehat