Apa perbedaan Copywriter dan Content writer?


Walaupun kedua profesi ini membutuhkan keahlian yang sama yaitu menulis, sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya. Orang yang tertarik dengan profesi penulis sering dibingungkan. Mereka membaca lowongan pekerjaan tanpa mengetahui perbedaan antara penulis konten dan copywriter. Jadi apa perbedaan antara keduanya?

Copywriter adalah orang yang menulis artikel atau konten untuk tujuan komersial. Iklan suatu produk atau jasa dapat bersifat komersial di sini. Selain itu, persyaratan merek dagang lainnya mungkin berlaku. Sederhananya, menurut Forgebit, copywriter adalah seseorang yang menulis untuk materi promosi dan pemasaran. Saat ini, bukan hanya industri kreatif yang membutuhkan jasa copywriter. Hampir semua perusahaan membutuhkan jasa untuk menjual produk atau untuk mempromosikan perusahaan.

Sedangkan content writer adalah orang yang bekerja pada penulisan konten untuk sebuah website perusahaan atau klien. Tugasnya adalah membuat konten yang relevan dan membuat situs web muncul dengan mudah di mesin pencari. Artikel yang dihasilkan cenderung lebih panjang dan detail, serta mengoptimalkan penggunaan kata kunci. Oleh karena itu, menurut Enterpreneur, biasanya mereka berkualifikasi SEO. Seorang penulis konten biasanya bekerja di departemen pemasaran atau sebagai sekretaris perusahaan. Tujuannya sangat jelas, yaitu agar produk atau situs web perusahaan muncul di urutan pertama mesin pencari.

Referensi
Glints. (2020). Gemar Menulis? Ketahui Perbedaan Antara Content Writer dan Copywriter. Gemar Menulis? Ketahui Perbedaan Antara Content Writer dan Copywriter
image: freepik.com