Apakah Perbedaan Clay Mask dan Mud Mask?

clay dan mud mask

Hi, apa perbedaan clay mask dan mud mask? Lalu apakah kegunaan dan manfaat antara kedua jenis masker tersebut berbeda?

Berikut perbedaan antara clay mask dengan mud mask:

1. Mud Mask

mud mask

Mud mask masuk kedalam kategori skin healing agent. Fungsi utamanya adalah untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah pada kulit, membersihkan kulit dari debu dan kotoran, melembapkan dan menyegarkan kulit, serta membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Tak hanya itu, masker ini juga memperbaiki jaringan kulit sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membuat tampilan kulit menjadi lebih muda.

Mud mask merupakan produk water-based dan memiliki sifat hydrating sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Untuk menggunakannya, Anda harus memastikan kulit wajah sudah bersih dan kering. Oleskan produk tipis-tipis pada seluruh permukaan wajah menggunakan jari atau kuas masker, diamkan hingga mengering selama 20 hingga 30 menit. Bilas masker menggunakan air hangat atau washcloth untuk mengangkat sisa masker pada wajah. Gunakan mud mask sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Clay Mask

clay mask

Berbeda dengan mud mask, clay mask memliki sifat sebagai drying skin agent. Selain mampu untuk mengangkat kotoran dan debu, clay mask juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Clay mask dapat mengencangkan, mengeksfoliasi sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori. Nutrisi dari masker berbahan dasar clay dapat diserap oleh kulit ketika diaplikasikan pada wajah. Jika Anda memiliki kulit berminyak yang cenderung berjerawat, masker dari clay akan cocok untuk Anda. Clay mask juga harus diaplikasikan pada kulit wajah yang kering dan sudah dibersihkan. Oleskan masker tipis-tipis menggunakan jari atau kuas masker. Clay mask membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengering, tergantung dari ketebalan masker yang digunakan. Satu hal yang harus Anda ingat ketika menggunakan clay mask adalah masker ini tidak boleh didiamkan hingga over-dry. Karena formulanya yang dapat membuat kulit kering, cukup gunakan masker ini sebanyak satu kali dalam seminggu.

Referensi

https://journal.sociolla.com/beauty/perbedaan-mud-mask-dan-clay-mask/

Perbedaan diantara keduanya adalah :

1. Clay Mask

Clay mask dibuat dari lumpur asli yang bisa membersihkan sampai ke dalam pori-pori kita. Pakai clay mask dengan cara dioleskan kemudian diamkan hinggal 15-20 menit sampai masker mengeras di wajah kita, kemudian bilas. Cocok digunakan untuk kulit berminyak, berjerawat, dan berkomedo.

2. Mud Mask

Mud mask atau masker lumpur sangat berbanding terbalik dengan clay mask. Mud mask bersifat lebih hydrating daripada clay mask. Karena itu, mud mask cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit kering dan dull skin. Kandungan air dan mineral dalam mud mask menjadikan masker ini ampuh meningkatkan sirkulasi darah dalam kulit, membersihkan sisa kotoran yang menempel, melembapkan, mencerahkan dan menjadikan kulit muka lebih lembut serta kenyal. Dibandingkan dengan clay mask, mud mask terasa lebih light di kulit muka.

Referensi

https://www.gadis.co.id/Cantik/perbedaan-clay-mask-mud-mask-