Apa perbedaan Cerita dalam film cinderella dan bawang merah dan bawang putih Indonesia?

image
Kedua cerita ini memeiliki beberapa kesamaa, yaitu sama-sama memperoleh kebahagian setelah disiksa ibu tiri.

Selain beberapa unsur-unsur persamaan cerita yang dimiliki oleh kedua cerita rakyat tersebut, kedua cerita rakyat tersebut juga memiliki beberapa unsur-unsur yang berbeda. Unsur-unsur yang berbeda antara lain adalah unsur konflik cerita, penyelesaian konflik, dan jumlah tokoh yang dimiliki oleh masing-masing cerita. Unsur konflik yang ada di dalam cerita bawang merah dan bawang putih terjadi di saat pertemuan pangeran dengan bawang putih. Adanya hambatan saat akan bertemu yang disebabkan oleh bawang merah dan bawang putih yang melarang dia untuk bertemu dengan pangeran, cara yang digunakan untuk menghalangi pertemuan mereka yaitu dengan cara menyuruh bawang putih untuk melanjutkan pekerjaan rumahnya. Di dalam cerita cinderella terjadi saat cinderella dikunci dari dalam rumahnya dengan maksud untuk menghalangi cinderella pergi ke pesta dansa dan bertemu dengan pangeran. Penyelesaian konflik yang terdapat di dalam kedua cerita rakyat tersebut juga berbeda. Di dalam cerita bawang merah dan bawang putih, pertemuan bawang putih dengan pangeran dapat terjadi dengan adanya peran pohon emas. Penyelesaian konflik di dalam cerita cinderella, diselesaikan dengan cara pangeran memakaikan sepatu kaca kepada cinderella.

Jumlah tokohyang terdapat di dalam cerita bawang merah dan bawang putih, terdiri dari 13 tokoh. itu semua sudah termasuk tokoh utama dan tokoh figuran. Sedangkan dalam cerita Cinderella terdapat 9 tokoh cerita.

sumber : https://www.kompasiana.com/bleszkland_arlan_clovis/membandingkan-cerita-rakyat-cinderella-dengan-bawang-merah-dan-bawang-putih_54f3b8de745513a32b6c7da5