Apa Perbedaan Burung Kolibri Asli dan Burung Kolibri Indonesia (Burung Madu)?

Dilihat dari sisi mana untuk bisa membedakannya?

Pertama yang akan kita bahas adalah tentang apa itu burung Kolibri. Sebenarnya burung kolibri yang kita sebut atau yang kita pelihara selama ini bukan termasuk jenis burung Kolibri atau hummingbird. Melainkan burung yang selama ini kita pelihara merupakan jenis dari Burung Madu atau Sunbird.

Keduanya memiliki banyak sekali perbedaan baik dari bentuk fisik, habitat hidup maupun bentuk sarangnya. Burung kolibri asli hidup di habitat sekitar hutan amazon dan pegunungan andes di Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Adapun bentuk fisik burung kolibri adalah betubuh kecil, paruh lurus panjang dan memiliki kaki yang pendek seperti burung sriti. Sarangnya berbentuk setengah lingkaran seperti mangkuk yang hanya berdiameter sebesar uang koin 500an.

Sedangkan burung madu yang biasa kita pelihara ini tersebar hampir diseluruh penjuru dunia. Bururng madu memiliki bentuk fisik dimana paruh melengkung, kaki panjang , dan memiliki sarang yang menggantung. Dibawah ini saya akan memberikan contoh gambar perbedaan keduanya antara burung Kolibri (hummingbird) dengan Burung Madu (sunbird).

Namun karena ketidak tahuan kita dan sudah mendarah daging semenjak dahulu. Dimana orang-orang menyebut burung madu dengan sebutan kolibri. Maka sudah pasti kita semua terbiasa menyebutnya dengan sebutan kolibri.

Meskipun sebenarnya kedua burung ini berbeda namun karena sudah menjadi kesalahan yang sudah merakyat. Maka kita tidak perlu memperdebatkan tentang hal ini. Mungkin dulu disebut burung kolibri karena masih minimnya informasi yang didapat tidak seperti sekarang ini.

Yang terpenting sekarang kita sudah tahu dan bisa membedakan diantara keduanya. Adapaun penyebutan kolibri untuk burung madu yang selama ini salah di negara kita biarlah terjadi karena tidak mungkin kita membalikan kebiasaan orang banyak dalam sekali tempo.