Apa perbedaan antara sektor riil dan sektor moneter?

Apa perbedaan antara sektor riil dan sektor moneter ?

Apa perbedaan antara sektor riil dan sektor moneter ?

1 Like

Dalam dunia ekonomi dikenal dua macam sektor, yaitu sektor riil dan sektor keuangan. Sektor riil dibagi menjadi dua, yaitu barang dan jasa. Sektor riil yang berupa barang awalnya mendominasi kegiatan ekonomi. Jasa transportasi, jasa komunikasi, jasa periklanan, jasa perawatan, jasa konsultasi bisnis, jasa pelatihan, jasa rekrutmen karyawan, jasa penjualan, hingga jasa keamanan semakin banyak bermunculan mendominasi sektor riil yang berupa barang.

Sektor riil atau disebut juga real sector adalah sektor yang sesungguhnya, yaitu sektor yang bersentuhan langsung dengan kegiatan ekonomi di masyarakat yang sangat mempengaruhi atau yang keberadaannya dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi. Kalau di perusahaan sektor riil adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wujud penunjang pabrik itu sendiri seperti mesin, bahan baku,tenaga kerja dan ada kegiatan memproduksi. Sedangkan definisi Sektor riil diambil dari Jurnal Ekonomi Asian Insider membagi sektor ini menjadi 3 macam pasar, yaitu:

  • Labour atau Tenaga Kerja Manusia
  • Land, bisa diartikan sebagai Sumberdaya alam
  • Capital atau Modal itu sendiri.

Sektor moneter atau lebih dikenal dengan sektor keuangan memegang peranan yang relatif signifikan dalam memicu pertumbuhan ekonomi suatu negara karena sektor keuangan dapat menjadi lokomotif pertumbuhan sektor riil via akumulasi kapital dan inovasi teknologi. Lebih tepatnya, sektor keuangan mampu memobilisasi tabungan. Mereka menyediakan para peminjam berbagai instrumen keuangan dengan kualitas tinggi dan risiko rendah. Hal ini akan menambah investasi dan akhirnya mempercepat pertumbuhan ekonomi. Di lain pihak, terjadinya asymmetric information, yang dimanifestasikan dalam bentuk tingginya biaya-biaya transaksi dan biaya-biaya informasi dalam pasar keuangan dapat diminimalisir, jika sektor keuangan berfungsi secara efisien.

Referensi

http://digilib.unila.ac.id/1830/9/BAB%20II.pdf