Apa perbedaan antara program dan pemrograman?

Banyak yang mengartikan suatu program dan pemograman memiliki arti atau pengertian yang sama, padahal memogram dan pemograman tidak lah sama.

Apa perbedaan antara program dan pemrograman?

Terdapat perbedaan mengenai arti dari kata program dan pemrograman. Dua kata tersebut sering didengar atau familiar ditelinga, khususnya bagi orang-orang yang bergelut di bidang IT. Namun beberapa orang yang awam sedikit yang mengerti mengenai perbedaan dari program dan pemrograman tersebut.

Berikut adalah perbedaan antara program dan pemrograman:

Program adalah suatu file atau software yang dibuat oleh seorang programmer, dibuat untuk mengoperasikan sebuah kompueter menjadi lebih berguna. Beberapa intruksi yang ada didalam software digunakan untuk mengatur suatu komputer. Dengan program, komputer dapat melakukan sesuatu atau perintah seperti yang diinginkan oleh programmer. Suatu program akan jalan dengan baik apabila programmer sudah merancang program tersebut secara benar, detail dan diberikan listing yang sesuai. Listing merupakan berbagai perintah yang dibuat oleh soerang programer agar program dapat berjalan… Listing juga mempunyai standar bahasa yang sudah ditentukan oleh bahasa pemrograman. Maka dari itu listingyang diberikan tidak boleh asal-asalan . Dan tanpa adanya program, komputer tidak ada artinya karena tidak bisa dibuat apa-apa.

gambar

Pemrograman sendiri adalah langkah-langkah ataupun cara-cara yang dapat digunakan untuk membuat sebuah program. Untuk melakukan sebuah pemrograman, programmer atau orang yang melakukan pemrograman harus mengethaui tahap-tahap dari pemrograman, agar program yang dihasilkan bisa sesuai dengan keinginan. Syarat atau ketentuan yang telah ada harus diikuti oleh seorang programmer. Dalam melakukan pemrograman, seorang programmer dapat menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman yang ada sesuai dengan kemampuan. Bahasa-bahasa pemrograman yang dapat digunakan seperti bahasa pascal, java, C, C++, BASIC, Visual Basic,Visual FoxPro,Jomlah dll.

Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi:

  • Bahasa beraras tinggi –high level language (Assembler)
  • Bahasa beraras rendah –medium level language (C, Pascal, Fortran)
  • Bahasa beraras rendah – low level language (Java, C++, C#).

Jadi dapat disimpulkan jika program dan pemrograman adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Jika ingin membuat sebuah program, programmer harus melakukan pemrograman untuk mewujudkannya.

SUMBER:

Perbedaan Program dan Pemrograman

Program dan Pemrograman sama sekali memiliki arti yang berbeda. Jika Program merupakan kata benda, Maka Pemrograman ialah kata kerja. Mari kita bahas definisi secara detail antara program dan pemrograman di bawah ini

Program

Program sendiri memiliki beberapa versi. Menurut Bussinessdictionary.com Program diartikan sebagai suatu rencana berisi aksi aksi yang ditujukan guna mencapai tujuan bisnis dengan detail detail kerja yang akan dilaksanakan mencakup siapa,kapan,dan apa sumber yang akan digunakan.

Namun Program secara Kamus Besar Cambridge diartikan sebagai adalah berbagai perintah yang bisa diinput ke komputer untuk melaksanakan suatu operasi.

Arti Program yang akan kita bahas sendiri ialah program komputer. Sehingga dapat saya simpulkan Bahwa Program Komputer ialah kumpulan beberapa instruksi yang menampilkan beberapa tugas khusus ketika dikerjakan oleh komputer.

hello-world-c

Pemrograman

Pemrograman ialah suatu proses dari mendesain algoritma hingga menjadi suatu program yang dapat di dieksekusi oleh komputer. Programming mencakup beberapa kegiatan seperti Pemahaman Masalah, Desain Algoritma, Pemuatan Flowchart, Hingga Pembuatan Program dengan penerjemahan algoritma kita ke Source Code.

Source Code ialah bahasa yang dipahami oleh komputer. Jadi akhirnya sebagus apapun algoritma kita jika kita tidak bisa menerjemahkan ke bahasa komputer akan percuma. Karena komputer hanya mengerti source code. Bahasa Pemrograman ada 3 yaitu high,medium dan low

High Level Language : Assembler
Medium Level Language : C , Fortran , Pascal
Low Level Language : C++ , Java

Tujuan dari Program dan Pemrograman hanya satu, yaitu memecahkan suatu masalah.

Referensi :

Perbedaan program dan pemrograman mungkin akan terasa sama atau beda tipis jika yang membahas orang luar IT. Namun, jika dilihat dari bidang IT program dan pemrograman sangatlah beda. Berikut penjelasannya :

PROGRAM

Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa program, komputer tidak dapat berbuat apa-apa. Itulah sering dikatakan bahwa computer mengcakup tiga aspek penting, berupa Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) yang dalam hal ini berupa program, dan Perangkat Akal (Brainware) atau orang yang berperan dalam operasi komputer maupun pengembangan perangkat lunak. Dengan kata lain, program merupakan satu bagian penting pada komputer yang mengatur komputer agar melakukan aksi yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya.
program1

PEMROGRAMAN

Pemrograman adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut souce code yang dibuat oleh progammer (pembuat program). Didalam pemrogram ada juga yang namanya bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah alat untuk membuat program. Contohnya : C, C++, C#, Pascal, PHP, ASP, JHP, Java, dan masih banyak lagi.
Secara garis besar, unsur-unsur pemrograman adalah Input-Proses-Output.
prosesio

1. Input (Masukan)

Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dan lain-lain.Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut

2. Output (Hasil)

Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pengolah data melalui device seperti monitor, printer dan lain-lain.Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.

3. Proses

Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkkan dengan menerapkan metode-metode, algoritma-algoritma yang ada.Proses ini menghasilkan data output yang akan di outputkan kepada pengguna program.

SUMBER :