Apa perbedaan antara product roadmap dengan product strategy?


Dilihat dari namanya kedua hal tersebut seperti memiliki arti yang sama, namun dalam manajemen produk apakah perbedaan yang signifikan terkait product roadmap dan product strategy?

Dalam Manajemen produk dikenal dengan istilah Product Roadmap, Product Strategy, Product Plan, Porduct Vision dan lain sebagainya, namun yang ingin dibahas berdasarkan pertanyaan diatas adalah terkait dengan product roadmap dan product strategy. Ada yang masih belum memahami dan kebingungan antara kedua hal tersebut, apakah keduanya meruapakan proses yang sama atau tidak. Lantas apa saja perbedaan antara keduanya?

Product Strategy

Sesuai dengan namanya “startegy” yaitu sebuah langkah yang diambil untuk dapat melanjutkan langkah yang akan kita ambil. Dalam manajemen produk dapat diartikan sebagai alasan mengapa kita membuat sebuah produk. Hal ini karena dalam strategi terdapat banyak sekali analisa terkait kondisi perusahaan / organisasi saat ini, kemudian bagaimana hasil yang kita inginkan dari produk itu nantinya. Fokus utama dalam product strategy adalah :

  1. Siapa yang menjadi customer kita ?
  2. Masalah apa yang akan kita selesaikan ?
  3. Bagaimana merencanakan sesuatu hal untuk dapat mencapai permasalahan tersebut
  4. Bagaimana memonetisasi produk tersebut?

Sehingga, dari ke – 4 faktor tersebut dapat dijadikan landasan dalam membuat startegi perusahaan serta jika kita berada dalam perusahaan yang memiliki berbagai varian produk, product strategy disini sangat berperan penting didalamnya. Karena setiap produk selalu memiliki target pasar ataupun konsumen yang berbeda.

Product Roadmap

Mungkin sudah banyak dibahas dalam diskusi lainnya terkait apa itu product roadmap atau peta jalan produk, fokusnya adalah bagaimana kita dapat men deliver product kita itu nantinya atau gambaran dari produk kita kedepannya dimana customer secara langsung dapat mengetahuinya. Selain itu yang menjadi kunci dari product roadmap adalah :

  1. Terdapat batasan waktu pelaksanaan ( misal produk ini diluncurkan pada beberapa tahun kedepan).
  2. Fokus pemahaman terkait dengan penyampaian manfaat produk kepada customer. Serta terdapat proses cycle product.
  3. Berisikan spesifikasi product, kapabilitas produk,

Sehingga dari pengertian singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa antara product roadmap dan product strategy adalah kedua hal yang berbeda namun saling mempengaruhi satu sama lain.

  • Product roadmap dapat menjadi jembatan antara product strategy dengan teknikal pembangun produk yang dijalankan. Dimana product roadmap merupakan hasil produk itu untuk dapat masyarakat lihat.
  • Product strategy memastikan efektifitas pengerjaan antara tujuan bisnis dan penentuan langkah yang harus diambil untuk dapat membuat sebuah produk.
    Namun, sayangnya banyak organisasi yang menggunakan konsep product roadmap tanpa melaukan penetapan product strategy terlebih dahulu untuk memastika aktifitas – aktifitas yang tetap dilakukan untuk kedepannya.

sumber :



https://community.uservoice.com/blog/how-to-distinguish-between-your-product-roadmap-product-strategy-and-product-vision/