Apa perbedaan antara output, outcome dan impact?

output, outcome dan impact

Kata output, outcome dan impact sering diterjemahkan dan dipahami sebagai hasil yang dicapai, sehingga terjadi kerancuan arti diantara ketiganya. Apa perbedaan makna dari ketiga kata tersebut ?

Output adalah hasil yang dicapai segera setelah kita mengimplementasikan suatu kegiatan atau program. Misalnya, jika kita mengadakan lokakarya tentang hak asasi manusia, peserta yang hadir sekarang sudah memiliki pemahaman yang jelas tentang masalah hak asasi manusia. Jadi, ini adalah output yang telah dicapai tepat setelah lokakarya berakhir.

Outcomes atau luaran merupakan hasil jangka menengah dari sebuah program atau kegiatan. Hasil dari luaran tidak terlihat segera setelah kegiatan atau program berakhir.

Mengambil contoh lokakarya hak asasi manusia di atas, jika para peserta sudah mulai memobilisasi anggota masyarakat mereka untuk mencari hak asasi mereka, maka itu adalah outcome dari lokakarya tersebut.

Impact atau dampak biasanya merupakan hasil jangka panjang dan mungkin tidak dapat dicapai bahkan selama siklus hidup kegiatan atau program. Misalnya, jika masyarakat telah mencapai tujuannya untuk mendapatkan hak asasi manusia mereka diakui oleh pemerintah, maka itu adalah dampak yang diciptakan oleh lokakarya yang dilakukan sebelumnya, meskipun biasanya terlihat setelah beberapa tahun.