© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa perbedaan antara negara dan pemerintah?

Negara

Pemerintah merupakan organisasi yang berwenang untuk memutuskan dan melaksanakan keputusan-keputusan yang mengikat bagi seluruh penduduk yang berada dalam wilayahnya. Penggunaan konsep negara dan pemerintah sering kali disamakan sehingga menimbulkan kerancuan arti.

Menurut Heywood, Konsep negara dan pemerintahan memiliki perbedaan, antara lain:

  1. Ruang lingkup negara lebih luas ( extensive ) dibanding pemerintah. Pemerintah adalah bagian dari negara yang terdiri dari semua institusi pada ruang publik dan meliputi semua anggota komunitas tersebut yang sering disebut sebagai warga negara.

  2. Negara adalah entitas yang kontinu bahkan sering kali permanen sedangkan pemerintah bersifat sementara karena terus menerus berganti di mana sistem pemerintahan bisa mengalami perubahan.

  3. Pemerintah adalah alat pelaksana otoritas negara di mana dalam perumusan dan penyelenggaraan kebijakan, pemerintah berfungsi sebagai „otak‟ negara serta mewakili keberadaan negara.

  4. Negara menjalankan otoritas yang impersonal di mana staf birokrasi direkrut dan dilatih untuk bisa bersikap netral secara politik sehingga bisa diandalkan untuk tidak terpengaruh karena adanya pergantian pemerintahan.

  5. Secara teoretis, negara mewakili kepentingan masyarakat ( common good atau general will ) sementara pemerintah mewakili kepentingan sebagian kelompok yang pada saat itu sedang memegang kekuasaan.