Apa perbedaan antara MVC dengan MVP?

minimum_viable_product

(Nay Aviila) #1

MVP
Dalam mengembangkan aplikasi android, terkadang kita sering menemukan masalah ketika melakukan handling terhadap lifecycle dari android itu sendiri. Disinilah peran MVP untuk mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

Lalu, apa sih bedanya MVC dengan MVP ?


(Nathania Hutajulu) #2

MVC View

Pola MVC adalah pola presentasi UI yang berfokus pada memisahkan UI (Tampilan) dari lapisan bisnisnya (Model). Pola memisahkan tanggung jawab di tiga komponen: tampilan bertanggung jawab untuk elemen UI yang diurai, pengontrol bertanggung jawab untuk menanggapi tindakan UI, dan model bertanggung jawab untuk perilaku bisnis dan manajemen. Dalam sebagian besar implementasi, ketiga komponen dapat langsung berinteraksi satu sama lain dan dalam beberapa implementasi, pengontrol bertanggung jawab untuk menentukan tampilan mana yang akan ditampilkan (Pola Pengendali Depan),

MVP View

Pola MVP adalah pola presentasi UI berdasarkan konsep pola MVC. Pola ini memisahkan tanggung jawab di empat komponen: tampilan bertanggung jawab untuk mengiris elemen UI, antarmuka tampilan digunakan untuk menggabungkan beberapa presenter dari pandangannya, presenter bertanggung jawab untuk berinteraksi di antara tampilan / model, dan model bertanggung jawab untuk bisnis perilaku dan manajemen negara. Dalam beberapa implementasi, penyaji berinteraksi dengan lapisan layanan (pengontrol) untuk mengambil / mempertahankan model. Tampilan antarmuka dan lapisan layanan biasanya digunakan untuk membuat tes unit penulisan untuk presenter dan model lebih mudah.

SUMBER :