© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa perbedaan antara model organisasi mekanistik dan model organisasi organik?

model struktur organisasi

Secara garis besar, model struktur organisasi dibagi menjadi dua yaitu model organisasi mekanistik dan model organisasi organik. Apa perbedaan antara model organisasi mekanistik dan model organisasi organik?

Model organisasi mekanistik relatif lebih formal dibandingkan dengan model organisasi organik. Berikut beberapa perbedaan antara model organisasi mekanistik dan model organisasi organik.

No. Model Organisasi Mekanistik Model Organisasi Organik
1 Proses kepemimpinan tidak mencakup persepsi tentang keyakinan dan kepercayaan. Bawahan merasa tidak bebas mendiskusikan masalah dengan atasan. Proses kepemimpinan mencakup persepsi tentang keyakina dan kepercayaan antara atasan dan bawahan dalam segala persoalan. Bawahan merasa bebas mendiskusikan masalah dengan atasan.
2 Proses motivasi hanya menyadap motif fisik, rasa aman, dan ekonomik melalui perasaan takut dan sanksi. Proses motivasi berusaha menimbulkan motivasi melalui metode partisipasi.
3 Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir ke bawah cenderung terganggu, tidak akurat, dan dipandang dengan rasa curiga. Proses komunikasi berlangsung sedemikian rupa sehingga informasi mengalir secara bebas ke seluruh organisasi yaitu ke atas, kebawah dan kesamping.
4 Proses interaksi bersifat tertutup dan terbatas. Proses interaksi bersifat terbuka dan ekstensif.
5 Proses pengambilan keputusan hanya terjadi di tingkat puncak. Proses pengambilan keputusan dilaksanakan di semua tingkatan melalui proses kelompok.
6 Proses penyusunan tujuan dilakukan di tingkat puncak organisasi tanpa mendorong adanya partisipasi. Proses penyusunan tujuan mendorong timbulnya partisipasi kelompok untuk menetapkan sasaran yang tinggi
7 Proses kendali dipusatkan dan menekankan upaya memperhalus kesalahan atas kekeliruan yang terjadi. Proses kendali menyebar ke seluruh organisasi dan menekankan pemecahan masalah dan pengendalian diri sendiri.