Apa perbedaan antara mitigasi dan rencana respon suatu risiko?

image

Manajemen risiko didasarkan pada pendekatan PMBOK terdapat beberapa bahasan yang terkadang menimbulkan perbedaan persepsi. Seperti halnya sering kali menjumpai bahasan mitigasi risiko dan rencana respon risiko atau yang sering dikenal dengan istilah Plan risk responses. Apa yang membedakan antara mitigasi risiko dengan rencana respon risiko yang berpengaruh erat terhadap analisis keseluruhan risiko.

Dalam analisis risiko suatu proyek dan mitigasi risiko merupakan seperangkat rencana kegiatan manajemen risiko yang dirancang untuk meminimalkan dampak berupa ancaman dan memaksimalkan peluang.

Mitigasi risiko dilakukan untuk menurunkan eksposur risiko dalam batas ambang yang dapat diterima. Eksposur risiko adalah kemungkinan terjadinya risiko dan dampak dari risiko terhadap proyek. Walaupun risiko tidak dapat dihilangkan, tapi dampaknya dapat diminimalkan. Oleh karenanya dibutuhkan strategi mitigasi dan proaktif terhadap probabilitas dan dampak risiko. Rencana mitigasi ini dibuat selama proses identifikasi risiko berlangsung. Kegiatan yang berkaitan dengan mitigasi umumnya bagian dari jadwal kegiatan proyek dan dilaksanakan secara bersama dengan kegiatan lain dari jadwal tersebut.

Sedangkan rencana respon risiko merupakan rencana kegiatan yang dirancang untuk menghilangkan dampak berupa ancaman yang berpengaruh terhadap tujuan proyek dan meningkatkan peluang yang mendatangkan keuntungan. Rencana respon risiko ini dibuat selama proses perencanaan proyek dan respon risiko dilaksanakan setelah risiko benar terjadi.

Sehingga ada keterkaitan dalam respon suatu risiko dengan mitigasi risiko dimana salah satu respon suatu risiko dapat melakukan strategi mitigasi risiko dengan tepat.

Sumber:

  1. Saket Bansal, 2014. Know The Difference Between Mitigation Plan And Contingency Plan. [online] iZenbridge. Tersedia di: Know The Difference Between Mitigation Plan And Contingency Plan - iZenBridge [Diakses 9 Mei 2018]
  2. PROJECT MANAGEMENT PROFESSIONAL (PMP). Plan Risk Responses. [online] PMP. Tersedia di: Plan Risk Responses | Project Management Professional (PMP) [Diakses 9 Mei 2018]