Apa perbedaan antara Media transmisi guided dan unguided?

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Apa perbedaan antara Media transmisi guided dan unguided ?

1 Like

Perbedaan guided dan unguided bisa dilihat pada penjelasan dibawah ini :

  1. Jika dilihat dari media transmisi gelombang elektromagnetik

    • Guided : Dapat dipandu melalui secara fisik, Dengan menggunakan jenis kabel
    • Unguided : Mentransmisikan dengan melalui media atmosfir atau radio
  2. Jika dilihat dari karakteristik mutu transmisi ditentukan oleh media dan karakteristik sinyal

    • Guided : Media itu sendiri yang akan menentukan batasan dari transmisi
    • Unguided : yang ditentukan oleh kualitas sinyal antena transmisi
1 Like

Gambar Media Transmisi

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data.

Media transmisi terdiri dari guided dan unguided. Apa perbedaannya?
Jenis media transmisi

Media Transmisi Guided

Media transmisi guided merupakan media yang mentransmisikan gelombang elektromagnetik (data) dengan menggunakan konduktor fisik seperti kabel. Macam-macamnya adalah seperti Twisted Pair Cable, Coaxial Cable, dan Fiber Optic.

  • Twisted Pair Cable
    Twisted pair cable atau kabel pasangan berpilin terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP), dan crosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan.

  • Coaxial Cable
    Kabel koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas.

  • Fiber Optic
    Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Berdasarkan mode transmisi yang digunakan serat optik terdiri atas Multimode Step Index, Multimode Graded Index, dan Singlemode Step Index.

Guided

Media Transmisi Unguided

Media transmisi unguided merupakan media yang jaringannya menggunakan sistem gelombang. Macam-macamnya adalah seperti inframerah, gelombang radio, gelombang mikro, dan satelit.

  • Inframerah
    Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya.

  • Gelombang radio
    Gelombang radio adalah media transmisi yang dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data.

  • Gelombang mikro
    Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).

  • Satelit
    Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain.

Unguided

Lalu perbedaan antara media transmisi guided dan unguided adalah:

  1. Media transmisi guided dapat dipandu melalui secara fisik dengan menggunakan jenis kabel, sedangkan media transmisi unguided mentransmisikan melalui media atmosfir atau radio

  2. Media transmisi guided menentukan sendiri batasan dari transmisinya, sedangkan media transmisi unguided membatasi transmisi dengan faktor sinyal antena transmisi

Guided
Media transmisi guided adalah suatu media yang mentransmisikan suatu gelombang elektromagnetik (data) dengan cara menggunakan konduktor fisik seperti ialah serat optic atau kabel .

  1. Twisted pair cable : jenis kabel yang terdiri atas 2 buah konduktor yang digabungkan dengan tujuan ialah untuk dapat mengurangi atau juga meniadakan interferensi elektromagnetik dari luar.
  2. Kabel koaksial : jenis kabel yang menggunakan 2 buah konduktor dan digunakan untuk dapat mentransmisikan suatu sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Kabel ini dapat menyalurkan frekuensi tinggi dan mempunyai kapasitas kanal yang lumyan besar.
  3. Serat optik : suatu saluran transmisi yang terbuat dari kaca maupun juga plastik yang digunakan untuk dapat mentransmisikan suatu sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Unguided
Unguided transmission media atau juga media transmisi tidak terpandu adalah suatu jaringan yang menggunakan suatu sistem gelombang.

  1. Gelombang mikro : suatu bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi, yang melingkupi kawasan UHF, SHF serta EHF. Gelombang mikro itu banyak digunakan di suatu sistem jaringan MAN, warnet serta juga penyedia layanan internet (ISP).
  2. Satelit : suatu media transmisi dengan fungsi utamanya adalah untuk menerima sinyal dari stasiun bumi serta akan meneruskannya ke stasiun bumi lain.
  3. Gelombang radio : suatu media transmisi yang dapat difungsikan ialah untuk mengirimkan suara ataupun data.
  4. Inframerah : media transmisi yang biasa digunakan untuk melakukan komunikasi dalam jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps.

Perbedaan guided dan unguided bisa dilihat pada penjelasan dibawah ini :
Jika dilihat dari media transmisi gelombang elektromagnetik

  1. Guided : Dapat dipandu melalui secara pisik, Dengan menggunakan jenis kabel
  2. Unguided : Mentransmisikan dengan melalui media atmosfir atau radio

Jika dilihat dari karakteristik mutu transmisi ditentukan oleh media dan karakteristik sinyal

  1. Guided : Media itu sendiri yang akan menentukan batasan dari transmisi
  2. Unguided : yang ditentukan oleh kualitas sinyal antena transmisi