Apa perbedaan antara jerawat dan komedo?

Jerawat

Jerawat dan komedo serig disamakan oleh kebanyakan orang. Apakah hal itu benar? Kalau tidak, apa perbedaan diantara keduanya ?

Komedo terjadi akibat banyaknya kotoran yang masuk ke pori-pori dan terjadi penyumbatan, ada beberapa macam komedo, antara lain, komedo hitam (black head comedo), komedo putih (white head comedo), mikrokomedo, dan makrokomedo.

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit akibat adanya penyumbatan pada folikel rambut yang disebabkan oleh kulit mati atau minyak; Jerawat sendiri juga memiliki beberapa jenis seperti papul, pustul, nodul, dan jerawat kistik.

Jerawat ditandai dengan munculnya komedo dan dapat juga berupa bintik kemerahan yang disertai nanah. Jerawat umumnya muncul pada daerah yang banyak mengandung kelenjar minyak (sebasea) seperti wajah, leher, dada, punggung, bahu dan lengan atas.

Salah satu faktor penyebab jerawat adalah peningkatan produksi sebum (minyak pada kulit). Komposisi sebum pada setiap individu sangat spesifik. Orang yang kulitnya mudah berjerawat memproduksi sebum lebih banyak dari orang yang jarang berjerawat. Semakin banyak sebum yang diproduksi, semakin berat keluhan jerawatnya.

Jerawat itu dinilai dari jumlah komedo, jenis peradangannya, besarnya ukuran jerawat dan bekas jerawat yang menjadi skar atau jaringan parut. Dokter akan menilai hal-hal tersebut dan mengelompokkan menjadi tipe jerawat ringan, sedang, berat hingga sangat berat.

Menentukan jenis jerawat itu sangat penting untuk memilih pengobatan. Jadi tidak bisa sembarangan. Maka dari itu penting untuk datang ke ahli yang tepat untuk menentukan jenis jerawat dan terapi yang tepat.

Untuk konsultasi lebih lanjut dapat mengunjungi eLBe clinic atau Skin Level clinic.

3 Likes