Apa perbedaan antara ikan louhan jantan dan betina ?

Ikan louhan atau dikenal sebagai “flowerhorn cichlid”. Ikan louhan pada dasarnya adalah jenis ikan hibrid dari famili Cichlidae dari beberapa jenis genera, yaitu Cichlasoma, Amphilophus, dan Paraneetroplus. Oleh karena itu, nama ilmiahnya tidak dapat ditentukann.

Jenis ikan cichlid yang akan mempengaruhi hasil kawin silang dari ikan louhan adalah Cichlasoma trimaculatum dan Amphilophus citrinellus.

Apa perbedaan antara ikan louhan jantan dan betina ?

Berikut perbedaan induk jantan dan induk betina dari ikan louhan:

  • Induk jantan memiliki sirip yang lebih besar atau lebih lebar
  • Warna induk jantan lebih terang, terutama dibagian sirip
  • Untuk menentukan jenis kelaminnya, pencet sedikit bagian kelaminnya, jika bentuknya meruncing dan agak panjang berarti jantan, jika kelaminnya membulat dan pendek berarti betina
  • Jika kelamin jantan dipencet mengeluarkan cairan seperti susu sedangkan betina tidak mengeluarkan apa-apa.
  • Dahi louhan jantan menonjol keluar (nongnong) sedangkan dahi betina rata
  • Sirip punggung jantan didominasi warna terang,sedangkan betina didominasi warna hitam kotor dan gelap.

1. Membandingkan Karakter Fisik

Secara garis besar, ukuran tubuh ikan louhan jantan lebih besar daripada si betina pada usia yang sama. Benjolan kepala yang dimiliki oleh pejantan juga jauh lebih panjang dan lebih lebar ketimbang benjolan yang terdapat di kepala ikan louhan betina. Sedangkan ikan louhan betina juga mempunyai semacam vent yang agak menonjol di bagian perutnya. Khusus untuk ikan louhan hasil keturunan dari Cichlasoma trimaculatum, betinanya memiliki bintik hitam di bagian sirip punggungnya.

2. Mengamati Organ Kelamin

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin ikan louhan melalui karakter fisiknya, Anda bisa melakukan venting. Venting adalah pengamatan terhadap organ kelamin yang dimiliki oleh seekor ikan louhan. Ikan louhan jantan ditandai dengan adanya alat kelamin berbentuk benjolan yang keluar, sedangkan alat kelamin ikan lohan betina berwujud cekungan. Jika alat kelamin tersebut ditekan secara perlahan, ikan jantan akan mengeluarkan cairan berwarna keputih-putihan dan ikan betina akan mengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan.

3. Memperhatikan Tingkah Laku

Jika diperhatikan dengan seksama, tingkah laku ikan louhan jantan dan betina juga berbeda. Ikan louhan jantan terlihat sangat aktif dengan gerakan yang lincah sekali. Sedangkan ikan louhan betina justru lebih kalem serta lemah gemulai.