Apa perbedaan antara ikan discus jantan dan betina ?

Ikan discus

Ikan discus (Symphysodon) merupakan ikan hias air tawar asli Amerika Selatan, habitat asli di sungai Amazon. Ikan hias ini berbentuk pipih dan mempunyai warna yang menarik. Apa perbedaan antara ikan discus jantan dan betina ?

Ikan Discus Jantan

Kebanyakan ikan discus jantan mempunyai mulut yang berukuran lebih besar dan bibir atasnya tampak menonjol. Bentuk area di sekitar hidungnya pun agak membengkok. Sedangkan sirip dubur ikan jantan biasanya berbentuk lurus, tidak bulat. Identifikasi ikan jantan akan lebih mudah apabila dilakukan saat ikan tersebut dalam kondisi sedang berahi karena warnanya tampak sangat cerah. Anda juga bisa memperhatikan bentuk alat kelamin ikan discus jantan yaitu runcing. Selain itu, ikan jantan pun mempunyai gerak refleks yang lebih dominan dibandingkan dengan ikan betina.

Ikan Discus Betina

Ikan discus betina selalu mempunyai mulut yang berukuran agak kecil dengan bibir yang tipis dan simetris. Ikan ini pun memiliki hidung yang berbentuk tidak terlalu bengkok. Begitu pula dengan bentuk kepalanya yang tidak menonjol. Sedangkan bentuk sirip dubur yang dimiliki oleh ikan discus betina ialah bulat dan tidak lurus. Warna ikan betina pun cenderung kusam atau tidak terlalu cerah meskipun dalam kondisi sedang berahi. Sementara itu, ikan discus betina mempunyai alat kelamin yang berbentuk bulat dan lebar.

Sumber