Apa perbedaan antara http:// dengan https://?

Akhir akhir ini banyak website yang biasanya pada URL terdapat tulisan http:// kini telah berganti kepada https://. Terdapat penambahan huruf s dari http://.

Ada yang bisa membantu menjelaskan apa perbedaan antara http:// dengan https:// ?

1 Like

image

Apa itu HTTP dan HTTPS?

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol ialah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web. Cara komunikasi antara client dan server adalah client melakukan request ke server, kemudian server mengirimkan respon terhadap client. Semua kegiatan tersebut diatur menggunakan sebuah protocol yaitu http.

Sedangkan https atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan versi yang lebih dijamin keamanannya daripada http yang merupakan protocol kembangan Netscape Communications Corp.

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

  1. Keamanan data yang dikirim
    HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Dalam keamanan data, https memperhatikan 3 buah aspek :
  • Autentifikasi server. Dengan adanya autentifikasi server, pengguna akan lebih aman karena pengguna langsung berhubungan dengan server yang ia tuju
  • Kerahasiaan data. Data yang masuk ke dalam server tidak akan dipahami oleh pihak luar karena data tersebut telah dienkripsi
  • Integritas data. Data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena data tersebut telah divalidasi.
  1. Port yang digunakan
    Ketika melakukan sebuah komunikasi, http menggunakan port 80 sedangankan htpps menggunakan port 443

  2. Kebutuhan SSL
    Secara default , protokol yang digunakan dalam komunikasi adalah http. Sementara ketika kita ingin menggunakan protokol https , kita harus memiliki sertifikat SSL. SSL atau Secure Socket Layers adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. Sehingga data kita tidak akan mudah dibaca oleh pihak – pihak luar.

https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-HTTP-and-HTTPS

Apa yang menjadi perbedaan diantara http dan https, berikut merupakan beberapa ulasan dari geeksforgeeks. Pada address bar tentu kita pernah menjumpai beberapa website yang memiliki http atau https pada browsing website mereka. Namun, apa yang membedakan kedua hal ini? Mari kita cari tahu

Secara garis besar kedua protocol ini menggunakan beberapa informasi untuk saling tukar menukar antara web server dan web browser. Tetapi yang membedakannya adalah adanya extra s tentunya pada https dan hal itu ternyata membuat lebih aman untuk diakses. Hal yang menjadi pokok perbedaan keduanya adalah https merupakan protocol paling aman digunakan dibandingkan dengan http.

Mari kita cari lebih dalam lagi, Hypertext Transfer protocol(HTTP) adalah protocol yang menggunakan hyper text untuk menyalurkan datanya. Dikarenakan sangat mudah diakses, http sudah banyak sekali digunakan diseluruh dunia sebagai protocol pertukaran datanya. Tetapi pertukaran data yang digunakan http tidak aman seperti yang kita bayangkan. Dan ternyata, http sendiri hanya menggunakan tulisan biasa yang siapa saja diantara browser dan server dapat dengan mudah melihat perpindahan data tersebut. Namun, kenapa kita perlu https, karena https merupakan protocol surf web yang aman dan lebih mementingkan security dibanding http. Online shopping contohnya seperti Tokopedia. Mereka tentu sudah menggunakan https karena mereka berpikir bahwa perpindahan data diantara pengguna, server, web maupun penjual sangatlah bersifat rahasia. Maka dari itu, diperlukan security yang kuat. Hal ini dapat dijumpai ketika kita mengunjungi website tersebut. http pada address bar sebelum www akan berubah menjadi https.

Perbedaan lainnya adalah bahwa http menggunakan port 0 sedangkan https menggunakan port 443. Tapi dapat dicatat bahwa security di https didapatkan dengan waktu yang sangat lama karena web server dan web browser butuh perpindahan enkripsi dengan certifikat yang valid.sederhananya, mengatur security harus segera diselesaikan sebelum perpindahan data.

Mungkin kamu pernah memperhatikan disaat melakukan pencarian di internet terdapat perbedaan di address bar, terkadang ada yang berwarna hitam saja terkadang ada pula yang berwarna hijau.

Nah, disaat ada warna hijau pada address bar itulah fitur baru yang disebut sebagai https://.

Fitur https:// ini dikembangakan oleh Netscape pada tahun 2013. Mungkin ada pula yang bertanya, apakah https:// merupakan “evolusi” dari http://.

Menurut saya, bukanlah evolusi hanya saja penambahan sistem baru pada http://. Fitur tersebut adalah yang terdapat pada huruf “s”.

Mari kita kaji lebih mendalam mengenai http:// dengan https://.

HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol. Jadi, ini adalah protokol antara web browser dengan server.

Misalnya, ketika kita mengakses website selalu ada http pada address barnya, nah inilah wujud http sebagai protokol yang menghubungkan antara web browser dengan server.

Kemudian…

image

HTTPS merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Terdapat satu kata perbedaaan dnegan http, yakni secure.

Secure ini sendiri memiliki maksud sebagai Secure Socket Layer. Jadi, dengan adanya https terdapat suatu fitur keamanan tersendiri pada website dalam melindungi data-data dari pengguna website. Dalam melindungi data-data tersebut, terdapat 2 teknologi yang digunakan, yakni SSL dan TLS.

Gambaran besar perbedaan http dengan https.

  1. http menggunakan port 80 sedangkan https menggunakan port 443.

  2. Pada address baru http diawali dengan http:// sedangkan https diawali dengan https://

  3. http tidak terdapat teknologi dalam keamanan sedangkan https terdapat fitur keamanan SSL dan TSL.

Jadi, perbedaan utama dari http:// dengan https:// adalah adanya fitur keamanan khusus dari https:// dalam enskripsi yang dilakukan oleh protokol.

Nah, bagi kamu yang sedang merintis website atau toko online menggunakan https:// saat ini adalah suatu keharusan karena dengan inilah data-data dari konsumen bisa lebih terjamin kerahasiaannya.

https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-HTTP-and-HTTPS