Apa perbedaan antara Host Based Network dengan Distributed Network?

Jaringan Komputer adalah suatu sistem yang didalamnya terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat – perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk dapat berkerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya. Tujuan utama dari didirikannya jaringan komputer adalah untuk bertukar data dan informasi. Jaringan Komputer memiliki jenis yang berbeda-beda, salah satunya adalah jenis berdasarkan distribusi sumber transmisi datanya.

Apa perbedaan antara Host Based Network dengan Distributed Network ?

Jaringan terpusat (Host Based Network) adalah system dimana seluruh data dan program yang diolah diletakan dipusat komputer (server), sedangkan terminal hanya berfungsi untuk menginput data dari Keyboard saja. Sistem terpusat ini juga dikenal dengan istilah Dumb Terminal, dimana pada terminal/workstation yang ada hanya keyboard dan monitor. Yang memakai system ini adalah Mainframe dan komputer mini.
Jaringan terpusat mempunyai beberapa kelebihan :

  1. Pemakaian CPU menjadi sangat efesien
  2. Standarisasi mudah diterapkan
  3. Sistem keamanan lebih terjamin
  4. Sebagai sarana aplikasi multiuser

Disamping kelebihan di atas jaringan terpusat juga mempunyai kekurangan antara lain :

  1. Bila komputer pusat mengalami kerusakan, maka seluruh system tidak dapat berfungsi
  2. Kurang fleksibel dalam pelayanan, karena semua peralatan Bantu seperti hardisk, printer dan lain-lainnya disimpan/dipasang pada tempat yaitu komputer pusat.
  3. Bila beban kerja CPU sangat besar, maka unjuk kerja system akan turun.

Sedangkan, Jaringan Tersebar (Distributed Network), adalah system yang mempunyai banyak prosessor CPU. Masing-masing disimpan pada lokasi geografis berbeda, berdiri sendiri dan saling berintegrasi.
Keuntungan dari jaringan tersebar adalah :

  1. Mengatasi masalah beban kerja komputer pusat
  2. Biaya komunikasi berkurang, karena yang ditransmisikan bukan sekedar data mentah.
  3. Kerusakan pada salah satu komputer local berakibat kecil terhadap keseluruhan system
  4. Dapat menambah komponen secara individu tanpa harus menduplikasi system
  5. Fasilitas local dapat disesuaikan dengan kebutuhan local
  6. Memungkinkan pertumbuhan system secara terus menerus.
  7. Sususnan system bisa disesuaikan dengan pola organisasi perusahaan
  8. Memungkinkan beberapa bagian/local mengadakan percobaan konsep baru dan fasilitas baru untuk mengurangi resiko kegagalan system secara keseluruhan
  9. Pemakaian sumberdaya bersama untuk peralatan yang mahal harganya
  10. Pemeliharaan data lebih mudah, karena sumber data disesuaikan dengan daerah asalnya (database terdistribusi).
  11. Rentang komunikasi cukup jauh, bahkan bisa menembus seluruh dunia.
  12. Merupakan sarana menerapkan aplikasi multiuser.

Kelemahannya :

  1. Dibutuhkan biaya yang cukup besar
  2. Boros dalam system peralatan
  3. Proses data agak lambat dibandingkan dengan system terpusat.
  4. Membahayakan dari segi keamanan data karena pemakai diberi keleluasaan kerja pada komputer local.

Jaringan Terdistribusi
Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.
image
Sistem yang terdiri atas sejumlah komputer yang tersebar pada berbagai lokasi yang dihubungkan dengan sarana telekomunikasi dengan masing-masing komputer mampu melakukan pemrosesan yang serupa secara mandiri, tetapi bisa saling berinteraksi dalam pertukaran data.
Kelebihan jaringan terdistribusi

  1. Penghematan biaya
  2. Peningkatan tanggung jawab terhadap pengeluaran biaya. Karena sifat pengembangan adalah terbuka sehingga memperkecil biaya kebutuhan pengembangan.
  3. Peningkatan kepuasan pemakai. disesuaikan dengan perkembagan jaman serta untuk memenuhi kebutuhan informasi yang uptodate dan cepat.
  4. Kemudahan pencadangan ketika terjadi musibah
    Kekurangan jaringan terdistribusi
  5. Memungkinkan kekacauan kontrol terhadap sistem komputer
  6. Ketidaksesuaian dalam menyediakan hardware & software
  7. Standardisasi bisa tak tercapai. akan diakibatkan tersebarnya pengelolaan informasi.

Jaringan Terpusat
Jaringan komputer terpusat atas komputer induk (host/server) dan satu atau lebih komputer terminal (workstation). Komputer induk (host/server) berfungsi untuk melayani kebutuhan komputer terminal. Komputer induk menyimpan banyak data dan program palikasi untuk melakukan pengolahan dan pemrosesan data. Komputer terminal, biasanya berfungsi sebagai perantarauntuk mengakses komputer induk.
image
Dapat menggunakan beberapa terminal dengan hanya 1 host (komputer induk) yang berisi data dan aplikasi serta dapat melaksanakan hampir semua pengolah data. Namun, Terminal dalam jaringan ini dapat berupa dumb terminal (terminal bisu) yaitu terminal yang tidak memiliki alat pemroses data.

Jaringan Komputer Terpusat Contohnya, Ketika melakukan transaksi pembayaran, kasir akan mengakses database barang terdapat dikomputer induk. Jadi, dengan memindai kode barang suatu produk, nama barang, harga, dan jumlah persidian barangnya akan tampil. Semua data data tersebut terdapat didalam suatu database yang tersimpan dikomputer induk.