Apa perbedaan antara hoodie dengan sweater?

Jaket-Hoodie

Sepengetahuan saya jaket terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu hoodie dan sweater. Namun, apakah sebenarnya perbedaan dari kedua jenis jaket tersebut?

Mungkin kita masih sering mengalami kesulitan untuk membedakan mana yang disebut hoodie dan mana yang disebut sweater. Namun, sebenarnya cukup mudah untuk membedakan dari kedua jenis jaket tersebut. Berikut ini penjelasan perbedaan dari sweater dan hoodie.

  • Hoodie
    Hoodie merupakan baju sweater yang memiliki penutup kepala. Kata hoodie berasal dari bahasa Inggris yakni hood yang berarti tudung atau penutup kepala. Jadi kita sekarang sudah mengetahui mengapa pakaian tersebut dinamakan hoodie. Pada umumnya, hoodie dirancang memiliki kantong dibagian depan dan menggunakan tali sebagai penutup kepala. Di bagian depan hoodie menggunakan resleting dan ada juga yang tanpa pembuka di bagian depan. Hoodie biasa kita lihat dipakai oleh orang-orang ketika berolahraga jogging supaya suhu tubuh meningkat.

  • Sweater
    Sweater bisa diartikan sebagai penghangat. Jadi fungsi utama dari sweater adalah sebagai penghangat tubuh ketika cuaca dingin. Bahan utama sweater meliputi rajut, wol, katun, fleece, baby terry dan lainnya. Sweater merupakan pakaian penghangat multi fungsi yang bisa dipakai dengan pakaian lainnya seperti kemaja, kaos atau blouse. Perbedaan yang paling menonjol yaitu pada sweater tidak memiliki tutup kepala.

Hoodie dan sweater adalah dua jenis pakaian yang umumnya digunakan untuk menjaga tubuh tetap hangat, tetapi keduanya memiliki perbedaan dalam desain, fitur, dan gaya.

1. Desain dan Konstruksi:

  • Hoodie: Hoodie adalah jenis sweater yang memiliki penutup kepala atau capuchon yang terpasang di bagian belakang leher. Hoodie seringkali memiliki tali serut untuk menyesuaikan sejauh mana penutup kepala bisa tertutup. Mereka dapat memiliki resleting atau model pullover tanpa resleting.
  • Sweater: Sweater adalah pakaian yang dirancang untuk memberikan kehangatan dan biasanya tidak memiliki penutup kepala. Mereka dapat memiliki leher bulat, leher V, atau leher krah.

2. Fungsi dan Kegunaan:

  • Hoodie: Hoodie umumnya digunakan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap cuaca dingin dan angin. Penutup kepala pada hoodie berguna untuk melindungi kepala dan telinga dari elemen lingkungan seperti hujan atau salju.
  • Sweater: Sweater umumnya digunakan untuk memberikan kehangatan tanpa fitur tambahan seperti penutup kepala. Mereka sering kali dipakai di dalam atau sebagai lapisan pertama di bawah jaket atau mantel eksternal.

3. Gaya dan Tren:

  • Hoodie: Hoodie sering kali diidentifikasi dengan gaya yang lebih santai dan kasual. Mereka populer di kalangan anak muda dan banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari dalam suasana santai.
  • Sweater: Sweater dapat memiliki berbagai gaya, termasuk yang lebih formal atau kasual. Mereka cocok untuk berbagai kesempatan, tergantung pada desain, warna, dan bahan.

4. Bahan dan Kenyamanan:

  • Hoodie: Hoodie dapat terbuat dari berbagai bahan, termasuk katun, fleece, atau campuran serat sintetis. Mereka umumnya dirancang untuk memberikan kenyamanan dan dapat digunakan dalam berbagai suhu.
  • Sweater: Sweater juga dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti wol, kapas, atau akrilik. Bahan yang dipilih dapat mempengaruhi tingkat kehangatan dan kenyamanan sweater.

Berikut beberapa pilihan hoodie dan sweater yang dapat anda beli di Tokopedia (Klik gambar untuk menuju halaman produk di Tokopedia)

Hoodie

image
image
image
image
image
image
image
image

Sweater

image
image
image
image
image
image
image

Penting untuk diingat bahwa definisi hoodie dan sweater dapat bervariasi tergantung pada preferensi lokal, merek pakaian, dan tren mode saat ini. Beberapa orang mungkin menggunakan istilah ini secara bergantian tergantung pada daerah geografis atau kebiasaan lokal.