Apa perbedaan antara Gantt Chart dengan Product Roadmap?

Gantt Chart adalah sejenis grafik batang (Bar Chart) yang digunakan untuk menunjukan Tugas-tugas pada Proyek serta Jadwal dan waktu pelaksanaannya, seperti waktu dimulainya tugas tersebut dan juga batas waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas yang bersangkutan.
image

Perbedaan antara Gantt Chart dan Product Roadmap yaitu, Gantt Chart lebih digunakan untuk manajemen task dependency dan critical path management untuk mengatur alur jalan task (objek fisik) dalam pengembangan produk. Penyelesaian produk menggunakan Gantt Chart berlangsung secara linier dan memiliki ketergantungan antar satu tugas dengan yang lain, karena itu jika ada perubahan pada satu tugas, maka akan berdampak pada tugas yang lainnya. Gantt chart lebih cocok untuk digunakan pada proses tradisional seperti Waterfall model.

Sementara Product Roadmap lebih cocok untuk digunakan pada proses Agile Development , karena bersifat adaptif, bisa menyesuaikan sesuai dengan fase pengembangan produk, terus melakukan pengembangan berkelanjutan dan bersifat fleksibel. Product Roadmap merupakan tools untuk berkomunikasi dengan tim, pelanggan dan stakeholder yang ada.

Referensi: