Apa perbedaan antara ekonomi hijau dengan ekonomi konvensional?

Apa perbedaan antara ekonomi hijau dengan ekonomi konvensional ?

Apa perbedaan antara ekonomi hijau dengan ekonomi konvensional ?

3 Likes

Menurut Cato (2011) (dalam Parmawati, 2019) terdapat perbedaan antara ilmu ekonomi hijau dengan ilmu ekonomi konvensional, yaitu sebagai berikut :

  1. Ilmu ekonomi hijau mengandung kepedulian terhadap keadilan sosial, sedangkan pada ekonomi konvensional, kesejahteraan ekonomi adalah tambahan. Berdeda dengan praktisi ekonomi hijau, pemerataan dan keadilan adalah hal utama dan paling penting daripada efisiensi.

  2. Ilmu ekonomi hijau tumbuh dari adanya pecinta lingkungan dan politisi hijau karena fokus utama mereka adalah lingkungan. Pertumbuhan ekonomi hijau adalah dari bawah ke atas dan berasal dari sekelompok yang membangun ekonomi berkelanjutan yang diterapkan dalam praktik dan tidak hanya teori.

  3. Ilmu ekonomi hijau bukan suatu yang mayor di bidang akademik universitas karena universitas kebanyakan telah terperangkap dalam sistem ekonomi yang global. Hal ini juga dudukung dengankurikulum yang mendukung ekonomi global tersebut.

  4. Ilmu ekonomi hijau memperhatikan secara detail tentang manusia. Maulaidari hubungan, cara bertinfak, dan motivasi.bukanhanya kebutuhan fisik yang diperhatikan namun juga kebutuhan spiritual dan psikologi.

  5. Ilmu ekonomi hijau memperbesar kepedulian terhadap sistem di planet bumi baik dari segi ekologisnya maupun spesies yang berada di dalamnya.

  6. Ilmu ekonomi hijau fokus pada kualits kehidupan manusia, berbeda dengan ilmu ekonomi konvensional yang fokus pada kuantitas.

Referensi

Parmawati, Rita. 2019. Valuasi Ekonomi Sumberdaya Alam & Lingkungan Menuju Ekonomi Hijau. Malang : UB Press.