Apa perbedaan antara efek substitusi dan efek pendapatan dalam teori perilaku konsumen?

Apa perbedaan antara efek substitusi dan efek pendapatan dalam teori perilaku konsumen ?

Apa perbedaan antara efek substitusi dan efek pendapatan dalam teori perilaku konsumen ?

1 Like

Efek Pendapatan dan Efek Substitusi

Keunggulan pendekatan kurva kepuasan sama dibanding dengan pendekatan marginal utility adalah bahwa pengaruh perubahan harga terhadap jumlah barang yang diminta dapat dipecah lebih lanjut menjadi dua, yaitu efek substitusi (substitution effect) dan efek pendapatan ( income effect). Efek substitusi adalah kenaikan jumlah barang yang dibeli karena penurunan harga barang tersebut, setelah dilakukan penyesuaian pendapatan sehingga daya beli riil konsumen sama dengan sebelumnya. Efek pendapatan adalah kenaikan jumlah barang yang dibeli dari kenaikan pendapatan riil akibat penurunan harga barang tersebut. Secara grafis, efek substitusi dan efek pendapatan tersebut dapat dijelaskan melalui Gb. 4.7 berikut. Pada Gb. 4.7 terlihat bahwa dengan garis anggaran AB, kepuasan maksimum dicapai apabila konsumen membelanjakan penghasilannya sebanyak OY1 barang Y dan OX1 barang X, yaitu pada posisi persinggungan antara budget line dengan indifference curve, yaitu pada titik E.

image

Sekarang bila terjadi penurunan harga barang X, dari Px menjadi Px1 sedangkan harga Y tetap maka budget line akan berayun ke kanan menjadi AC. Titik keseimbangan yang baru adalah titik F. Jadi, dengan penurunan harga barang X, jumlah barang X yang diminta naik dari 0X1 menjadi 0X3. 0X3 ini adalah efek total dari perubahan harga dari Px menjadi Px1. Efek total dapat dipecah menjadi efek substitusi, yaitu X1X2 dan efek pendapatan, yaitu X2X3. Dalam contoh ini, efek substitusi adalah kenaikan konsumsi X karena adanya substitusi Y dengan X, karena sekarang harga X relatif lebih murah dari pada harga Y. Efek pendapatan adalah kenaikan konsumsi X yang disebabkan oleh kenaikan pendapatan riel karena turunnya harga X.

Referensi

http://nuhfil.lecture.ub.ac.id/files/2009/03/mikro-4-perilau-konsumen-nuhfil.pdf