Apa perbedaan antara data dan informasi?

Sebuah informasi yang valid harus memiliki atau mengandung data yang valid juga, informasi adalah gabungan dari data, dan data merupakan informasi, jadi apa perbedaan antara data dan informasi ?.

Definisi Data

Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu.

Definisi Informasi

Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

Perbedaan Data dan Informasi :

Data :

  1. Data tidak memilki makna apapun.
  2. Data dapat berbentuk angka, fakta, rincian, dan juga segala bentuk pengamatan empiris (observasi dan wawancara) terhadap suatu peristiwa.
  3. Bagi orang awam, data tidak dapat dipahami maksudnya.
  4. Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis.

Informasi :

  1. Informasi sudah memiliki suatu makna tertentu.
  2. Informasi adalah data yang sudah diolah dengan menggunakan beragam teknik tertentu.
  3. Bagi orang awam, ketika membaca suatu informasi, maka mereka sudah mampu memahami arti dari informasi tersebut.
  4. Informasi biasanya menjelaskan sesuatu.
  5. Informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan.

Sumber :man_technologist: :

http://www.kuliah.info/2015/05/pengertian-dan-perbedaan-data-dan.html

Definisi Data

Data merupakan sebuah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, dan terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran, maka itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang bisa digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data jika informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data merupakan segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu. Contoh dari Data :

  • Kecelakaan di jalan raya.
  • Sriwijaya FC menang.

Definisi Informasi

Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang diterima oleh akal pikiran penerima informasi, yang nantinya bisa digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi sendiri dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga bisa suatu hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi. Contoh dari Informasi :

  • Telah terjadi kecelakaan sepeda motor di Jalan Raya Lintas Baypass Soekarno Hatta, tadi sore pukul 16:30, korban jiwa sebanyak 2 orang, yang merupakan suami istri dan meninggal ditempat.
  • Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Sriwijaya FC dengan Bali United pukul 18:30 tadi berakhir dengan skor 2 : 1 untuk kemenangan Sriwijaya FC.

Perbedaan Data dan Informasi

Dari definisi dan contoh yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan perbedaan antara data dan informasi yaitu :

  • Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau suatu gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan.
  • Data juga tidak dapat digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan dari data dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  • Data sendiri terkadang tidak dapat digunakan dan ataupun diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.
  • Data memiliki ruang lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai dalam mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, namun informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.

Referensi :
http://www.perpussekolah.com/2016/12/perbedaan-data-dan-informasi-beserta-contohnya-lengkap.html

Data dan informasi memang tidak asing jika di dengar, banyak dari kita yang tidak mengetahui tentang perbedaan antara keduanya, dan bahkan terlebih banyak juga yang tidak mengetahui pengertian atau definisi dari Data ataupun Informasi dengan berbagai alasan.

perbedaan data dan informasi beserta contohnya lengkap

A. Definisi Data
Data merupakan sebuah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, dan terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data sendiri bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang bisa digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data jika informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data merupakan segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu.

Berikut ini adalah contoh dari Data :
a. Kecelakaan di jalan raya
b. manchester city menang

B. Definisi Informasi
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya bisa digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi sendiri dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga bisa suatu hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

Berikut ini adalah contoh dari Informasi :
a. Telah terjadi kecelakaan sepeda motor di Jalan Raya Lintas Baypass Soekarno Hatta, tadi sore pukul 16:30, korban jiwa sebanyak 2 orang, yang merupakan suami istri dan meninggal ditempat.
b. Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Sriwijaya FC dengan Bali United pukul 18:30 tadi berakhir dengan skor 2 : 1 untuk kemenangan Sriwijaya FC.

C. Perbedaan Data dan Informasi
Dari definisi dan contoh yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan perbedaan antara data dan informasi yaitu :

  1. Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau suatu gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan, data juga tidak dapat digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  2. Data sendiri terkadang tidak dapat digunakan dan ataupun diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.
  3. Data memiliki ruang lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai dalam mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, namun informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.

Sumber :
http://www.perpussekolah.com/2016/12/perbedaan-data-dan-informasi-beserta-contohnya-lengkap.html