Apa perbedaan antara Augmented Reality dan Virtual Reality?

Augmented Reality dan Virtual Reality

Terkadang kita masih bingung antara Augmented Reality dan Virtual Reality. Apa perbedaan diantara keduanya ?

Virtual Reality (VR)
VR atau realitas maya adalah teknologi yang memungkinkan dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dimensi 3D yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi. Teknologi ini biasanya dicapai dengan mengenakan headset yang sudah dilengkapi sebuah teknologi canggih untuk menyempurnakan realitas imajiner pada game, hiburan, dan permainan.

image

Di sisi lain, juga dapat digunakan sebagai peralatan khusus, seperti layar komputer untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara untuk menerima informasi pendengaran, pelacak untuk memonitor gerakan kepala. Cara kerja perangkat ini melalui peranti khusus VR, nantinya user akan melihat suatu dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer.

Augmented Reality (AR)
AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda-benda maya, biasa digunakan untuk menampilkan skor pada pertandingan olahraga yang ditayangkan melalui 3D, foto, pesan teks di perangkat mobile. Baik berdimensi 2 atau 3 dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.

image

AR membutuhkan input device seperti kamera atau webcam, alat output device seperti monitor atau HMD, agar benda maya tambahan berupa penanda dihasilkan berjalan secara real-time. Kebanyakan pemimpin industri menggunakan teknologi AR, untuk melakukan hal-hal menakjubkan dan revolusioner dengan hologram dan perintah gerak yang telah diaktifkan.

Sumber : https://techno.okezone.com/read/2016/03/21/207/1342136/ini-perbedaan-virtual-reality-augmented-reality