Apa peranan pemuliaan tanaman dalam agronomi?


(Pradikta Satria) #1

Agronomi adalah ilmu dan teknologi dalam memproduksi dan memanfaatkan tumbuhan untuk bahan pangan, bahan bakar, serat, dan aplikasi lingkungan seperti reklamasi. Agronomi merupakan salah satu ilmu terapan yang berbasis biologi tumbuhan yang mempelajari pengaruh dan manipulasi berbagai komponen biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup) terhadap suatu individu atau sekumpulan individu tanaman untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia.

Dari definisi yang telah dipaparkan, apa peranan pemuliaan tanaman dalam agronomi?


(Dina) #2

Peranan pemuliaan tanaman adalah sebagai berikut :

  • Pemuliaan tanaman untuk peningkatan produktivitas tanaman umumnya merupakan tujuan yang paling sering dilakukan pemulia dalam merakit suatu kultivar. Hal ini karena peningkatan produktivitas berpotensi menguntungkan secara ekonomi. Bagi petani, peningkatan produktivitas diharapkan dapat menkonpensasi biaya produksi yang telah dikeluarkan. Peningkatan produktivitas (daya hasil per satuan luas) diharapkan akan dapat meningkatkan produksi secara nasional.

  • Pemuliaan untuk peningkatan kualitas komoditas tanaman adalah perakitan kultivar yang memiliki kualitas tinggi seperti perbaikan terhadap warna, rasa, aroma, daya simpan, kandungan protein, dll. Perbaikan kualitas juga berarti perbaikan ke arah preferensi konsumen (market/client).

  • Pemuliaan untuk merakit tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit,
    toleran terhadap cekaman lingkungan seperti kekeringan, kadar Al, Fe tinggi, sudah
    sering dilakukan.