Apa peran moderator dalam proses pelaksanaan Focus Group Discussion ?

Focus Group Discussion

Dalam pelaksanaan Focus Group Discussion peran moderator dianggap sangat penting dan dapat merubah kualitas dari FGD yang sedang dijalankan.

Apa peran moderator dalam proses pelaksanaan Focus Group Discussion ?

Sebagai moderator maka anda akan menentukan arus pelaksanaan FGD. Oleh karena itu moderator memiliki beberapa peran yang harus dipenuhi :

  1. Tetap netral untuk memastikan bahwa semua orang merasa nyaman dalam mengekspresikan pendapat mereka. Jika anda terlihat tidak setuju atau lebih memihak opini partisipan alin maka partisipan lain akan merasa tidak nyaman untuk menyampaikan pendapatnya

  2. Mendapatkan informasi lebih lanjut dari peserta yang pemalu dengan komentar seperti “Bisakah Anda ceritakan lebih banyak tentang itu?”, “Bantu saya memahami apa yang Anda maksud”

  3. Berurusan dengan peserta yang dominan. Moderator dapat mengakui pendapat mereka dan meminta pendapat lain. Kalimat seperti “Terima kasih. Apa yang orang lain pikirkan? ”

  4. Mengutip atau meringkas komentar yang panjang dan tidak jelas oleh para peserta. Ini menunjukkan peserta bahwa moderator secara aktif mendengarkan dan membuat peserta mengerti bahwa moderator memahami apa yang dibicarakan

  5. Bertindak secara spontan saat diperlukan. Jika pembicaraan berjalan dalam arah yang tidak terduga, tetapi produktif, pergilah dengannya dan ajukan pertanyaan yang tidak ada dalam kuesioner awal.

Referensi :