Apa peran desainer grafis ?

Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis (Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

Apa peran desainer grafis ?

Peran desainer grafis sangat penting karena:

1. Menyampaikan Pesan dengan Bentuk Visual yang Kreatif

Misal, suatu perusahaan mengeluarkan sebuah iklan untuk majalah, akan tetapi desain dan juga teksnya sangat buruk, tentu akan terkesan bahwa perusahaan tersebut tidak profesional. Nah, di sinilah peran desainer grafis dibutuhkan. Seorang desainer grafis dapat mengolah kreativitas dan menuangkannya melalui visualisasi yang menarik agar bisa ‘berbicara’ langsung kepada target dan segmen yang telah ditetapkan.

2. Kontennya akan Lebih Efektif dan Efisien

Efisiensi dalam desain adalah melakukan proses desain dengan benar. Sedangkan dalam hal efektivitasnya adalah proses desain yang benar. Desain grafis dapat mendorong dan mengasah kebutuhan klien serta manfaatnya untuk mereka. Peran desainer dibutuhkan untuk pembuatan keputusan yang esensial dalam proses desain agar perusahaan mampu mencapai tujuannya.

3. Desainer Grafis Dapat Lebih Menghemat Waktu

Coba bayangkan ada perusahaan yang mau bikin logo, banner, kartu nama, dan balliho. Tentu tidak akan banyak waktu mereka untuk mendesain, terlebih lagi kalo perusahaan itu tidak memiliki orang yang kompeten di bidang desain. Tentu dengan memperkerjakan seorang desainer grafis akan lebih menghemat waktu sehingga konten dapat disampaikan dengan lebih cepat.

4. Desainer Grafis Paham Prinsip dan Elemen Desain

Mungkin sebagian dari kita ada yang mulai mendesain iseng-iseng atau mengerjakan project desain dari teman atau kerabatmu. Namun, seorang desainer grafis harus memahami dulu dasar-dasar ilmunya, diantaranya elemen dan prinsip desain. Mengapa? Karena seorang desainer grafis harus paham bagaimana sebuah keseimbangan dan proporsi ketika mendesain poster. Apa tujuan dari poster tersebut yang mau ditekankan sehingga membentuk kesatuan desainnya. Seorang desainer juga harus paham kombinasi warna yang sesuai untuk digunakan agar nilai estetikanya tetap ada. Oleh karena itu, dibutuhkan peran desainer grafis yang tahu tentang prinsip dan elemen desain agar dapat mendesain secara professional.

5. Desainer Grafis Menentukan Desain Branding yang Baik

Jika desain logomu terlihat “mirip” atau “meniru” logo yang sejenis, bagaimana mungkin calon pelanggan yakin terhadap produkmu? Jika desain website tidak profesional dan terlihat asal-asalan bagaimana mungkin kamu mendapatkan klien? Seorang desainer grafis yang profesional dapat membantu mengembangkan desain branding yang sesuai dengan jasa dan produk perusahaanmu. Mereka tahu arti sebuah warna, bentuk/lambang, dan bagaimana menyatukan elemen yang tepat untuk menimbulkan kesan yang tepat bagi bisnis/perusahaan.

_

Desain grafis adalah bidang yang menarik, kreatif, profesional di mana kamu dapat memanfaatkan passion untuk penggunaan sehari-harinya. So? Dengan membaca beberapa alasan tersebut, apakah kamu jadi semakin yakin untuk menggelutinya? Atau masih tetap ragu-ragu? tetapkanlah hatimu. Mantapkan jiwa jika kamu benar-benar akan menggelutinya. Kuncinya adalah belajar dan berlatih guys!