Apa penyebab warna keruh pada Es Batu?

es batu

Bila diperhatikan, warna es batu tidaklah bening. Ada sedikit warna putih keruh di bagian tengahnya. Mengapa bisa demikian? Padahal air yang digunakan untuk membuat es batu kan bening?

Warna keruh ini disebabkan oleh gelembung udara. Ya, sebenarnya air pun mengikat udara dalam molekul-molekulnya.

Saat membeku, molekul air yang semula bebas bergerak pun mulai semakin kaku. Akhirnya, molekul air tersebut memutuskan untuk melepas udara yang mereka ikat karena sudah tidak punya cukup ruang lagi.

Pada saat membuat es batu, air yang membeku terlebih dahulu adalah bagian tepi. Sehingga, molekul udara yang dilepaskan air tadi terperangkap di dalam es batu. Semakin lama, air semakin beku dan semakin banyak pula udara yang dilepaskan.

Molekul udara yang dilepaskan tadi saling berdekatan dengan molekul udara di dekatnya dan membentuk gelembung. Gelembung inilah yang kita lihat sebagai bagian keruh dari es batu.

Lantas, bisakah kita membuat es batu yang bening? Ternyata bisa! Caranya adalah kita rebus air yang akan digunakan untuk membuat es batu terlebih dahulu.

Perebusan air ini akan melepaskan molekul udara yang diikat oleh air. Sehingga saat proses pembekuan, molekul udara yang terperangkap di dalam es tidak terlalu banyak. Fenomena ini juga bisa kamu gunakan untuk membedakan es batu yang dibuat dari air mentah dan air matang.

Sumber:
sains.me