Apa Penyebab Timbulnya Ketombe pada Alis Mata?

Sering mendapati alis yang kadang dipenuhi serpihan kecil berwarna putih. Konon bisa jadi hal ini adalah serpihan yang menyerupai ketombe. Meski terdengar sedikit tidak biasa, ternyata ketombe pada area alis menjadi salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Lalu apa penyebab munculnya ketombe di area bulu alis tersebut?

Mengutip laman Live Strong, ditulis Selasa (18/10/2016), berikut tiga penyebab tumbuhnya ketombe di alis yang perlu Anda ketahui.

  1. Kulit terlalu kering
    Kulit alis yang mengelupas biasanya terjadi akibat kulit terlalu kering dan umumnya terjadi pada musim dingin. Penggunaan sabun cuci muka dapat membantu pengelupasan juga melembapkan kulit di alis Anda.

  2. Malassezia
    Malassezia adalah jamur ragi yang dapat menyebabkan ketombe. Pertumbuhan jamur ini terjadi akibat kelebihan minyak pada folikel rambut dan berakhir pada iritasi, pertumbuhan kulit tambahan, dan pengelupasan.

  3. Psoriasis
    Mayo Clinic mengatakan bahwa bercak psoriasis pada alis terjadi akibat hadirnya psoriasis di tempat lain pada tubuh. Ini menyebabkan penyebaran pada alis, untuk kondisi satu ini Anda harus mendapatkan resep dari dokter.

Sumber: