Apa penyebab terjadinya keropos gigi pada bayi?

Pada umumnya, pertumbuhan gigi bayi dimulai ketika bayi berusia 5 bulan dan biasanya pertumbuhan gigi ini akan melalui proses secara bertahap. Ada beberapa tanda- tanda bayi tumbuh gigi seperti bayinya menjadi rewel, suka menggigit, susah makan, dan masih banyak lagi.
640xauto-teether-rangsang-tumbuh-kembang-gigi-bayi-benarkah-140911r

Penyebab gigi bayi keropos sama halnya dengan penyebab gigi keropos pada orang dewasa, yakni dapat dipicu oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Kebersihan Gigi Kurang
    Penyebab gigi bayi keropos yang pertama adalah kebersihan gigi bayi yang kurang diperhatikan. Sehingga ketika sisa-sisa makanan yang menempel di gigi bayi bertemu dengan bakteri maka sisa-sisa makanan tersebut akan berubah menjadi asam yang dapat merusak gigi bayi anda.
    Jika kerusakan gigi pada bayi akibat asam dari bakteri ini dibiarkan begitu saja maka tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan bayi, utamanya kesehatan pada sistem pencernaan si bayi.

  2. Kurangnya Asupan Nutrisi
    Gigi keropos pada bayi juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi. Perlu anda ketahui bahwa gigi bayi yang sedang dalam proses pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup seperti kalsium, protein, dll agar gigi bisa tumbuh kuat dan sehat. Namun, jika hal itu tidak terpenuhi maka jadilah gigi keropos.
    Tentu gigi keropos pada bayi tidak bisa dibiarkan begitu saja karena meskipun gigi bayi masih berupa gigi susu yang nantinya akan tergantikan oleh gigi tetap akan tetapi tetap saja gigi susu rusak parah akan berdampak buruk bagi pertumbuhan gigi tetap nantinya.

  3. Akibat Konsumsi Gula
    Makanan atau minuman yang mengandung gula memiliki potensi untuk merusak gigi, terutama gigi bayi. Hal itu dikarenakan gula berpotensi menjadi asam ketika bertemu dengan bakteri yang ada pada gigi. Akibatnya asam ini akan mengikis lapisan gigi dan pada akhirnya menyebabkan gigi bayi menjadi keropos.
    Maka dari itu, sebaiknya anda membatasi bayi anda dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis agar gigi keropos pada bayi dapat diatasi. Karena bila tidak segera diatasi, gigi keropos pada bayi akan membuat gigi bayi habis secara perlahan dan tentunya hal itu membuat bayi kesulitan untuk mencerna makanan.

  4. Penimbunan Plak
    Gigi keropos pada bayi juga bisa dipicu oleh penimbunan plak pada gigi. Plak ini merupakan asam yang dihasilkan oleh bakteri gigi. Plak ini akan menempel dan mengikis lapisan gigi secara perlahan. Akibatnya gigi akan menjadi rapuh dan akhirnya keropos. Selain itu, plak gigi yang dibiarkan juga akan mengeras dan membentuk karang gigi yang pastinya akan susah untuk dihilangkan.
    Adapun cara menghilangkan plak adalah dengan menyikat gigi bayi yang disertai dengan pasta gigi. Tentunya anda harus menggunakan sikat gigi serta pasta gigi yang didesain khusus untuk bayi demi menjamin keamanan saat menyikat gigi bayi anda.

  5. Infeksi
    Infeksi merupakan penyakit mulut pada anak yang cukup biasa terjadi. Infeksi pada gigi juga bisa menyebabkan gigi menjadi keropos. Adapun penyebab dari infeksi ini adalah bakteri. Infeksi bisa dipicu bisa dipicu oleh berbagai faktor seperti gigi jarang dibersihkan, makanan dan minuman yang dikonsumsi mengandung asam atau gula dengan kadar yang tinggi, dll.

sumber: https://halogigi.com/