Apa penyebab terbentuknya selulit?

Hampir 90% wanita dewasa memiliki selulit. Selulit bukan hanya jadi permasalahan bagi ibu hamil saja. Remaja, orang dewasa hingga pria pun berisiko untuk memiliki selulit. Apa penyebab terbentuknya selulit?

  • Hormon
    Hormon estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid dan prolactin dipercaya memegang peranan penting dalam proses terbentuknya selulit.

  • Faktor genetik
    Beberapa faktor genetik yang berperan dalam terbentuknya selulit adalah jenis kelamin, ras, metabolisme, distribusi lemak bawah kulit dan insufisiensi sirkulasi (sirkulasi yang terhambat). Pertambahan usia menyebabkan produksi estrogen berkurang. Ini menyebabkan kolagen dalam kulit menjadi sedikit dan aliran darah pada kulit pun ikut terganggu.

  • Diet
    Orang yang mengonsumsi terlalu banyak lemak, karbohidrat, dan garam, serta sedikit serat lebih berisiko mengalami selulit. Orang yang obesitas atau kelebihan berat badan juga demikian.

  • Gaya hidup
    Selulit banyak terjadi pada mereka yang merokok, yang jarang berlolahraga dan mereka yang duduk atau berdiri pada satu posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama.

  • Pakaian
    Pakaian dalam yang terlalu ketat di daerah bokong akan menghambat aliran darah, sehingga memicu timbulnya selulit.

Selulit masih sangat sulit untuk dihilangkan. Pengobatan menggunakan krim, injeksi, sedot lemak, laser dan tindakan medis lainnya hanya membantu memperbaiki keadaan kulit dari luarnya saja.

Sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698642/5-penyebab-timbulnya-selulit