Apa Penyebab Stenosis Pilorus?

Penyempitan yang terjadi dapat terus memburuk, sehingga membuat makanan dan minuman dari lambung tidak bisa memasuki usus 12 jari. Keadaan ini menyebabkan bayi mengalami muntah yang menyembur, dehidrasi, turun berat badan, dan merasa lapar setiap saat. Apa Penyebab Stenosis Pilorus? image

Penyebab Stenosis Pilorus
Stenosis pilorus terjadi karena penyempitan pilorus yang membuat lambung tidak bisa mengirim makanan ke usus. Namun, belum diketahui apa yang menyebabkan penyempitan tersebut. Para ahli menduga, kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko bayi mengalami stenosis pilorus, di antaranya adalah:

  • Jenis kelamin. Bayi laki-laki, terutama pada kelahiran pertama, lebih berisiko mengalami stenosis pilorus dibanding bayi perempuan.
  • Kelahiran prematur. Stenosis pilorus lebih sering terjadi pada bayi yang terlahir prematur.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Orang tua yang di masa kecilnya mengalami stenosis pilorus bisa menurunkan kondisi yang sama pada bayinya.
  • Penggunaan antibiotik. Pemberian antibiotik pada bayi di usia awal kelahiran, misalnya untuk mengobati penyakit batuk rejan, atau ibu yang mengonsumsi antibiotik pada akhir kehamilannya, membuat bayi berisiko untuk mengalami stenosis pilorus.
  • Merokok di masa kehamilan. Ibu yang merokok selama masa kehamilan juga bisa meningkatkan risiko stenosis pilorus pada bayi yang dilahirkannya.

Sumber : stenosis-pilorus