Apa penyebab seseorang bisa terkena Alergi?

penyebab seseorang bisa terkena Alergi

Ada yang alergi terhadap udang, kacang, debu, bahkan ada yang alergi terhadap obat-obatan tertentu. Memangnya bagaimana cara tubuh kita menanggapi alergi?

Alergi (allergy) sebenarnya adalah reaksi tubuh yang sedang salah paham. Seperti yang kita tahu, sistem kekebalan tubuh kita punya mekanisme alamiah untuk menghalau segala sesuatu yang mungkin membawa penyakit ke dalam tubuh kita, seperti virus dan bakteri. Karena suatu hal, sistem kekebalan tubuh ini bisa salah menanggapi zat yang masuk ke tubuh. Ada material yang sebenarnya tidak berbahaya, tapi tubuh terlanjur mendeteksinya sebagai zat berbahaya dan mengira akan membawa penyakit. Sebagai reaksi, sistem kekebalan tubuh kita akan memproduksi senyawa bernama histamin (histamine) yang bertugas memerangi material yang dianggap berbahaya tadi. Histamin ini kemudian memerintahkan bagian-bagian tubuh tertentu untuk bereaksi.

Reaksi tersebut berbeda-beda untuk tiap orang, dan tergantung material apa yang menjadi pemicu alerginya (material pemicu alergi biasa disebut alergen, atau allergen). Reaksi yang dimaksud bisa berupa:

  1. Gatal-gatal di kulit atau mata
  2. Muncul ruam merah
  3. Sesak napas
  4. Diare
  5. Detak jantung menjadi tidak teratur
  6. Bersin-bersin, atau bahkan
  7. Pingsan

Sumber: