Apa penyebab penyakit stomatitis pada reptil? Bagaimana mengatasi penyakit tersebut?

Kejadian keradangan pada mulut (sariawan) dalam istilah medis disebut stomatitis, hal ini juga sering terjadi pada reptil.

image

Infeksi terjadi karena adanya respon tubuh hewan yang mengalami stres, disebabkan karena perubahan temperatur suhu yang tidak sesuai di lingkungan, overcrowding, parasit internal maupun eksternal, trauma, serta kekurangan nutrisi terutama kekurangan vitamin C. Stres akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh reptil menurun dan membuat infeksi mudah terjadi. Jenis-jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan stomatitis termasuk bakteri, virus dan fungi. Pseudomonas, Aeromonas, Salmonella, Klebsiella dan Mycobacterium merupakan bakteri penyebab terjadinya stomatitis.

Apabila reptil anda mengalami kejadian stomatitis segeralah membawanya ke dokter hewan untuk mengetahui tingkat keparahan penyakit, apabila kejadian masih dalam tahap yang belum parah, dokter hewan akan memberikan antibiotik khusus untuk untuk mengurangi jumlah bakteri yang merugikan dan apabila kejadian sudah pada fase lanjut dapat dilakukan operasi pengangkatan bagian yang mengalami kerusakan. Penanganan yang dapat dilakukan dirumah adalah dengan memberikan antiseptik secara rutin dan juga memperbaiki manajemen pemeliharaan.

Pencegahan yang dapat dilakukan dirumah diantaranya adalah: mencegah terjadinya stress pada hewan dan memberikan nutrisi makanan yang cukup. Untuk reptil, kadar kelembaban udara dan juga temperatur sangat berpengaruh untuk meningkatkan kejadian stres, sehingga manajemen temperatur dan kelembaban sangat dibutuhkan untuk pemeliharaan reptil, selain itu kita juga harus melihat asupan nutrisi dengan memberikan variasi pakan agar kebutuhan nutrisi seimbang, konsultasikan kesehatan reptil pada dokter hewan minimal 6 bulan sekali.

https://pecintasatwa.com/stomatitis-sariawan-pada-reptil/