Apa penyebab penyakit pullorum pada unggas? apa saja gejala klinisnya?

Penyakit berak kapur atau Pullorum merupakan penyakit menular pada ayam yang menimbulkan kerugian ekonomi yang besar, menyebabkan kematian yang sangat tinggi terutama pada anak ayam umur 1-10 hari.

Penyakit Pullorum pada unggas disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum. Salmonella pullorum termasuk bakteri berbentuk batang atau kapsul, gram negatif, non-motil dan tidak membentuk spora. Bakteri ini dapat bertahan pada iklim normal sampai beberapa bulan, tetapi dapat dapat dimusnahkan dengan desinfektan normal. Biasanya penyakit ini mempunyai tingkat mortalitas yang sangat tinggi, mencapai 100% pada anak ayam dan anak kalkun.

Penyakit ini biasanya hanya menyebabkan kematian pada anak ayam umur 3 minggu. Kadang-kadang penyakit ini juga menyerang ayam dewasa, biasanya pada ayam layer dengan cangkang telur cokelat. Pullorum dapat menyebar secara vertikal melalui trans ovari dan secara horizontal melalui pakan, air, dan mesin tetas yang terkontaminasi agen penyakit. Penyakit ini dapat menyebar dari ayam yang satu ke ayam yang lain. Penularan penyakit ini kadang-kadang dihubungkan dengan kanibalisme.

Anak ayam yang terinfeksi berkerumun di dekat sumber panas, mengalami anoreksia, lemah, fesesnya berbentuk pasta keputih-putihan dan menepel pada sekitar kloaka. Unggas yang selamat biasanya menjadi carrier yang asimptomatik. Ayam indukan yang terinfeksi akan menghasilkan keturunan yang juga trinfeksi. Gejala klinis pada ayam dewasa biasanya tidak terlihat jelas. Infeksi ditandai dengan penurunan produksi, diare, dan penurunan nafsu makan.

Lesio pada anak ayam yang terserang pulorum adalah terjadi pembengkakan hati, kongesti, fokal nekrotik pada hati, limpa bengkak, bersuara mengerik dengan keras, terengah-engah, perkejuan pada sekum, kantung kuning telur tidak terserap sempurna dan mengalami perkejuan. Terdapat materi keras di sekum, dikenal dengan cecal core dan terapat kristal urat pada ureter. Pada ayam dewasa terjadi lesio yang susah dibedakan dengan lesio yang ditimbulkan oleh penyakit fowl thypoid.