Apa penyebab penyakit kutil di ikan cupang dragon ?

image

Para penggemar ikan cupang dragon atau ikan cupang jenis lainnya pasti tahu kalau ikan cupang butuh perawatan secara rutin, terutama pada penggantian airnya. Karena kalau hal itu tidak dilakukan maka akan berdampak pada sirip dan ekor cupang tidak dapat berdiri lagi.

Kualitas air yang buruk adalah penyebab umum ikan cupang maupun ikan hias lain terkena penyakit. Kualitas air yang buruk menyebabkan tingginya nitrit yang dapat membuat bibit-bibit penyakit menghinggapi ikan. Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang ikan cupang maupun ikan hias lainnya yang masih bisa diobati ketika belum terlambat. Akan tetapi, menurut para ahli ikan cupang, ada satu penyakit yang menyerang ikan cupang yang belum ada obatnya penyakit tersebut adalah kutil.

Penyakit kutil ini berbeda dari penyakit-penyakit yang menyerang ikan cupang lain. Penyakit-penyakit lain akan membuat nafsu makan turun bahkan ikan tidak mau makan, dan pada akhirnya membuat ikan mati jika tidak segera diobati.

Kutil pada ikan cupang dragon tidak membuatnya tidak nafsu makan, ikan akan tetap lahap makan. Penyakit kutil ini tidak akan membuatnya cepat mati seperti penyakit lain. Ikan masih terlihat sehat. Seperti kutil pada manusia, kutil pada ikan cupang dragon pun sama, muncul benjolan-benjolan kecil, baik itu di kepala atau di badan. Benjolan-benjolan kecil tadi akan membuat luka dan melebar.

Menurut para ahli ikan cupang, kutil pada ikan cupang jenis dragon ini diakibatkan oleh warna cupang dragon sendiri yang sangat ngejreng dan mencolok. Akan tetapi hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, karena belum ada penelitian lebih lanjut. Para pecinta ikan cupang, terutama ikan cupang dragon pasti berharap akan ada penelitian tentang kutil pada ikan cupang jenis dragon, agar bisa ditemukan obat penyembuhnya.

Sumber: