Apa penyebab pendarahan pada gigi setelah cabut gigi?

apa penyebab pendarahan pada gigi setelah cabut gigi? apa yang harus dilakukan dan apakah ada penyebab dari hal tersebut?
https://uangteman.com/blog/wp-content/uploads/2016/02/biaya-membersihkan-karang-gigi.jpg

Gusi berdarah setelah cabut gigi adalah hal yang wajar. Darah juga mungkin keluar bersama air liur. Efek samping cabut gigi ini umumnya aman dan tidak menyebabkan komplikasi. Tapi, adakah cara menghentikan pendarahan setelah cabut gigi?
Beragam cara menghentikan pendarahan setelah cabut gigi

Biasanya, pendarahan setelah cabut gigi mulai terjadi dalam 3-20 menit setelah proses pencabutan. Panduan berikut bisa Anda ikuti untuk menghentikan pendarahan setelah cabut gigi.

  1. Gigit kapas

Gigit pelan kapas atau gulungan kain kasa pada lokasi gigi yang dicabut. Hal ini membantu menghentikan pendarahan dan mencegah darah tertelan bersamaan dengan air liur. Jangan mengunyah atau menekan kapas terlalu keras agar darah yang keluar tidak semakin deras.
2. “Kompres” pakai kantong teh

Selain menggunakan kapas, Anda bisa menghentikan pendarahan setelah cabut gigi dengan kantong teh (disarankan teh hijau atau teh hitam). Selipkan kantong teh bekas seduhan (dinginkan terlebih dulu) di antara lokasi gigi yang dicabut dan gigit pelan selama 30 menit. Teh mengandung zat tannic acid yang mampu menghambat pendarahan.
3. Jaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung

Jaga posisi kepala tetap lebih tinggi dari jantung saat duduk atau tidur. Hal ini berguna untuk menghentikan pendarahan.
4. Hindari beraktivitas terlalu berat

Perbanyak istirahat dan makan makanan lunak, seperti sup hangat, pudding lembut, atau yogurt dingin. Sebisa mungkin hindari melakukan hal-hal di bawah ini setelah cabut gigi:

Jangan merokok atau meludah selama 48 jam setelah prosedur karena merokok akan memperlambat penyembuhan jaringan gusi
Jangan minum atau makan makanan panas selama 24 jam karena bisa panas menghambat pembekuan darah.
Jangan menggunakan sedotan atau mengunyah selama 24 jam

Masa penyembuhan setelah cabut gigi biasanya memakan waktu 1 sampai 2 minggu. Jaringan gusi itu sendiri butuh waktu sekitar 3-4 minggu untuk menutup lukanya. Sedangkan untuk penyembuhan tulang gigi yang habis dicabut bisa menghabiskan waktu sekitar 6-8 bulan, tergantung dari ketelatenan Anda merawat kebersihan gigi.
Bagaimana cara mengurangi rasa sakit sehabis cabut gigi?

Gusi berdarah setelah cabut gigi kadang disertai dengan rasa sakit atau nyeri. Kondisi ini biasa disebut dry socket. Socket atau soket merupakan lubang pada tempat gigi yang dicabut. Nah, setelah gigi dicabut, nantinya akan ada darah yang menggumpal di bagian soket gigi. Penggumpalan darah ini berfungsi untuk melindungi tulang dan saraf gigi dari bahan-bahan asing, seperti makanan dan minuman yang Anda makan. Soket ini, lama kelamaan akan membentuk jaringan pada gusi sampai merapat sempurna.

Jadi tidak jarang kalau soket yang belum mengering lalu terpapar udara bisa menyebabkan saraf dan tulang di bagian tersebut terasa nyeri dan ngilu. Untuk mengurangi rasa sakit selama masa pemulihan tersebut. Anda bisa ini bisa menggunakan beberapa obat-obatan pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Tapi jangan pakai aspirin untuk meredakan nyeri saat mengalami pendarahan setelah cabut gigi. Aspirin bekerja mengencerkan darah, sehingga akan bertolak belakang dengan langkah-langkah menghentikan pendarahan yang Anda lakukan.

Sumber :

http://ciptadent.co.id/
https://www.dentassure.com/konsultasi-gigi